Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polri Evaluasi Peralatan Dalmas

MEDAN, suarapembaharuan.com - Tim Peneliti Puslitbang Polri diketuai Kombes Pol Harvin Raslin, SH dengan anggota Kompol Septi Astuti, ST, MA dibantu oleh anggota dr Korpsbrimob Mabes Polri Kompol Nurrochman Syafi’i, SH dan didampingi Konsultan dari BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional) Drs. Ary Wahyono, MSi berkunjung ke Polrestabes Medan, Senin (6/6/2021).


Ist

Kunjungan tersebut membahas dan mengevaluasi peralatan Dalmas dan PHH menjelang Pemilu 2024.


Kombes Pol Harvin Raslin didampingi Wakapolrestabes Medan AKBP Yudhi H Setiawan mengatakan Pemilihan Umum di Indonesia ini merupakan salah satu upaya mewujudkan negara demokrasi yang harus dapat dilaksanakan dengan baik agar terciptanya pemilihan umum yang profesional dan memiliki kredibilitas yang dapat dipertanggung jawabkan.


"Dengan diadakannya Pemilu pada 2024, untuk mengantisipasi agar semua keadaan dapat terkendali dengan baik dan kondusif maka dengan tetap mengedepankan pada pola pelayanan berbasis HAM dan mengutamakan strategi preemtif dan preventif, maka kesiapan peralatan Dalmas dan PHH perlu mendapatkan perhatian," tuturnya.


Dia menambahkan, hal ini dapat dilihat dari berbagai kasus yang terjadi di lapangan saat mengantisipasi aksi unjuk rasa anarkis, masih ditemukan adanya kondisi peralatan Dalmas dan PHH Polri pada saat digunakan tidak berfungsi secara optimal (malfungsi), seperti kaca helm PHH pecah ketika terkena benda keras, dan lain lain.


"Jika kebutuhan peralatan Dalmas dan PHH baik untuk perorangan maupun kesatuan masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun kualitas maka akan berpengaruh pada kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu pada 2024 nanti," sebutnya.


Untuk itu, sambung dia, Puslitbang Polri memandang penting melakukan penelitian tentang Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu 2024.


"Dari penelitian ini diharakan diperoleh kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak," sebutnya.


Melalui pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif, kata Kombes Pol Raslin pengumpulan data penelitian ini dilakukan di Polda Sumatera Utara (Polrestabes Medan) sebagai salah satu Polda dari 10 Polda sampel penelitian dengan melakukan pengisian kuesioner secara online. (DOD)


Kategori : News

Editor     : AAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama