Percasi Harapkan Lahir Grand Master Baru dari Indonesian GM Tournament 2024

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) GM Utut Adianto berharap lahir Grand Master (GM) catur Indonesia baru dari pergelaran Pertamina Indonesian Tournament 2024. Ia menjelaskan kejuaraan ini paling ditunggu-tunggu.



“PB Percasi senantiasa berupaya kerja keras menjalankan program pembinaan, salah satunya dengan menghadirkan turnamen Pertamina Grand Master (GM) ini. Kita sadar meski dengan kerja keras kita belum bisa menjadi salah satu kekuatan catur dunia," kata Ketua PB Percasi Utut Ardianto saat membuka turnamen yang berlangsung di Artotel Gelora Senayan Jakarta, Selasa 23 April 2024. 


"Tapi kita yakin suatu saat nanti kita akan dapat menjadi kekuatan catur dunia karena kita selalu berusaha dapat menggelar turnamen berkelas seperti Pertamina-Mandiri ini,” tambah GM Utut.


GM Utut memberi apresiasi kepada Pertamina dan Bank Mandiri yang turut peduli untuk pertama kali mensponsori turnamen catur internasional. Dia mengharapkan kerja sama pertama ini akan terus berlanjut di kemudian hari.


Sementara itu Corporate Brand Pertamina, Sandy Nurlita berharap ada pecatur Indonesia yang bisa meraih gelar Grand Master dari turnamen yang akan digelar mulai 23 April hingga 1 Mei mendatang.


Harapan senada juga disampaikan Executive Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman. “Ini memang kali pertama Bank Mandiri support catur,” ucap Ali.


Sebanyak 24 peserta yang terbagi ke dalam 12 peserta GM turnamen dan 12 IM turnamen dari 8 negara (Indonesia, Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, Vietnam,dan Filipina) bertanding selama sepekan, mulai 23 April 2024 hingga 1 Mei 2024 di Artotel Gelora Senayan (Hotel Atlet Century Park), Jakarta.


Tuan rumah Indonesia menurunkan tim dengan jumlah pemain terbanyak, 7 pemain catur yang terdiri dari 6 pecatur putra dan seorang pecatur putri.


Di kategori IM turnamen, Indonesia juga menurunkan 7 pemain, dengan 6 pemain putra dan seorang pemain putri.


Untuk kategori GM, mereka adalah GM Susanto Megaranto (2504), GM Novendra Priasmoro (2494), IM Yosep Theolifus Taher (2445), IM Aditya Bagus Arfan (2407), IM Azarya Jodi Setyaki (2407), IM Medina Warda Aulia (2372) dan IM Gilbert Eroy Tarigan (2330).



Sedangkan di kategori IM, pecatur Indonesia yang tampil adalah IM Farid Firmansyah (2392), IM Mohamad Erfan (2383), FM Cecep Kosasih (2372), FM Arif Abdul Hafiz (2311), FM Surya Wahyudi (2308), FM Agus Kurniawan (2295) dan WIM Ummi Fisabillah (2187).


"Mereka sudah pemain berpengalaman. Ini juga sudah melalui seleksi panjang, sudah dilihat kualitas permainannya dan prestasinya," ungkap Utut.


Pada acara pembukaan, turut hadir antara lain Sekjen KONI Pusat Tb Lukman Djajadikusuma, Corporate Brand Officer Pertamina Sendy Nurulita dan Executive Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman.


Tanpa berlama-lama, usai pembukaan para pecatur langsung bertanding di ronde pertama.


Hasilnya, beberapa pemain tuan rumah ada yang menang, remis dan bahkan langsung kalah.


GM Novendra Priasmoro misalnya, sukses meraih kemenangan atas pemain Filipina Eugene Torre. IM Aditya Bagus Arfan juga menang, meski atas rekan senegara IM Azarya Jodi Setyaki.


Sedangkan IM Gilbert Elroy Tarigan bermain imbang saat meladeni pecatur Vietnam, GM Thien Hai Dao.


Sementara lainnya belum diberi keberuntungan lantaran tak mampu mendulang kemenangan di babak pertama ini.


Mereka adalah IM Yosep Theolifus Taher yang dikalahkan pecatur Mongolia IM Uurtsaikh Agibileg, IM Medina Warda Aulia ditundukkan IM Xiangyi Liu dari Singapura dan GM Susanto Megaranto takluk dari pecatur Australia, GM Temur Kuybokatov.


Sesuai agenda, para pecatur akan menjalani pertandingan babak kedua pada Rabu, 24 April 2024 pukul 09.00 WIB.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama