Gunung Sinabung Kembali Lontarkan Awan Panas

KARO, suarapembaharuan.com - Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali melontarkan guguran awan panas sejauh 1,5 kilometer (km), Minggu (21/2/2021).


istimewa


Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, guguran awan panas mengarah ke Timur, Tenggara dan Selatan Gunung Sinabung.



"Gunung Sinabung juga mengeluarkan asap kawah berwarna putih intensitas sedang dengan tinggi kolom 500 meter," ujar Armen Putra di Tanah Karo.



Armen Putra menyampaikan, guguran awan panas Gunung Sinabung tercatat dengan amplitudo 43 mm dengan durasi gempa selama 141 detik.



"Meski meluncurkan awan panas, cuaca cerah dan berawan dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan barat. Suhu udara 24-27 derajat Celcius," ujar Armen Putra.



Armen mengingatkan masyarakat untuk tidak memasuki zona merah yang berada di kaki Gunung Sinabung. Luncuran awan panas itu menunjukkan aktivitas Sinabung masih tinggi.



"Selama aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi, masyarakat maupun wisatawan diharapkan tidak ada yang masuk ke zona larangan itu," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama