Kapolda Jateng Launching Program QRIS Cashles dan SKCK Door To Door

SEMARANG, suarapembaharuan.com - Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi melaunching program QRIS Cashles Polres Magelang dan SKCK Door to Door sebagai terobosan kreatif dari dalam rangka peningkatan pelayanan kepada Masyarakat secara Prima, Kamis (25/2/2021).


Istimewa


 “Sebenarnya ini sebagai program ke-6 Kapolri, bahwa Polri memberikan pelayanan yang mudah dan cepat dengan menggunakan teknologi informasi diantaranya perpanjangan SIM, SKCK dan sebagainya,” terang Kapolda Jateng.


 Layanan ini tidak menggunakan transaksi uang tunai atau cash, melainkan menggunakan barcode dengan aplikasi yang digunakan institusi Polri terkait. Layanan ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya pungli dan meminimalkan kerumunan dalam situasi pandemi saat ini.


 Sementara itu, Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba mengungkapan, pihaknya terus berupa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dari WBK menuju WBBM. Salah satunya dengan pelayanan SKCK door to door.


 “Program ini merupakan terobosan kreatif dimana kita bisa tetap produktif tapi tetap aman covid,” jelas Kapolres Magelang.


 Adapun gambaran singkat pelayanan SKCK door to door, yaitu dengan memberikan nomor hotline yang bisa dihubungi oleh masyarakat yang membutuhkan SKCK. 


Istimewa


Kemudian, petugas SKCK bersama Ident datang dengan membawa blangko biodata pemohon yang harus disi. Selanjutnya Pemohon menyiapkan FC KTP, FC KK dan pas phito 4X6 backgound merah sebanyak 4 lembar.



Setelah itu, blangko diisi pemohon dan sudah melaksankan sidik jari maka proses selesai, Kemudian, blangko dibawa ke Polres Magelang untuk dilakukan pencetakan SKCK selanjutnya akan diantar ke rumah pemohon dan pemohon bayar Rp. 30.000 sesuai PNBP.


 “Pelayanan SKCK Door to door di prioritaskan bagi Difabel, kelompok rentan dan pemohon yang apabila memerlukan SKCK misalnya terjadi bencana,” lanjut Kapolres Magelang.


 Kapolres juga menerangkan bahwa, dalam pelaksanaanya apabila akan membuat bersama-sama misalnya ada pilkades yang memerlukan SKCK maka petugas SKCK dapat hadir di Kelurahan/Kecamatan secara kolektif jemput bola.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama