Komjen Agus Andrianto Jabat Kabareskrim

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menunjuk Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim Polri. Agus sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. 

 

Istimewa


Kadiv Humas Polri membenarkan bahwa Komjen Agus resmi ditunjuk menjadi Kabareskrim.  Penunjukan itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan tanggal 18 Februari 2021 atas nama Kapolri. Jabatan Kabaharkam akan diisi oleh Komjen Arief Sulistyanto, yang sebelumnya menjabat Kalemdiklat Polri.


Agus Andrianto lahir di Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967. Dia merupakan lulusan Akpol 1989 yang memiliki pengalaman di bidang reserse. Karirnya dimulai ketika dia menerima tugas di wilayah hukum Polda Sumut.

 

Pada 1992, dia ditunjuk sebagai Kapolsek Sumbul, kemudian Kapolsek Parapat pada 1993 serta Kapolsek Percut Seituan pada 1995. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian.

 

Pada 1997, dia menjabat sebagai Kapuskodal Ops Polres Lampung Selatan, Kasat Serse Poltabes Medan 1999, Kasubag Bin Ops Bag Serse Ek Polda Jatim 2001, Kasubag Binops Bag Serse Um Polda Jatim 2001, Wakapolres KP3 Tanjung Perak 2003, Pamen Polda Jatim 2005, serta Kasat I/Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya 2006.

 

Agus juga pernah menjabat sebagai Dir Psikotropika dan Prekursor Deputi Bid Pemberantasan BNN pada 2015, Dirtipidum Bareskrim Polri 2016, Wakapolda Sumatera Utara 2017, dan Kapolda Sumatera Utara 2018-2019.

 

Agus dianugerahi beberapa tanda penghormatan, di antaranya Bintang Bhayangkara Pratama, SL. Pengabdian XXIV, SL. Ksatria Bhayangkara, SL. Operasi Kepolisian hingga France Medal.

 

Selain menjabat Kabaharkam Polri, saat ini Agus juga dipercaya menjadi Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontijensi Aman Nusa II-Penanganan Covid-19. Tugas Agus bagaimana memastikan para Kasatgas 1-6, Kapusdalops, Kasetops, Kaposko, Kaminops, dan Kasub satgas Opsus Kontinjensi membuat rencana kegiatan operasi pandemi Covid-19. 

 

Agus juga aktif di perkumpulan Ikatan Alumni Akabri 1989 dengan segudang program salah satunya menggelar bakti sosial (baksos). Kegiatan nyata dari kegiatan ini adalah membagikan sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di sejumlah daerah.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama