Reserse Ulung itu Raih Jabatan Tertinggi

Kapolri Jendral Listyo Sigit resmi mengganti Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Komjen Pol Agus Andrianto SH dipercaya menduduki jabatan orang nomor satu dibadan reserse itu. Jabatan itu sangat layak dan pantas diemban perwira tinggi kelahiran Blora, Jateng, ini. Komjen Agus adalah reserse ulung. 


Zulkifli


Prestasi lelaki yang saat duduk dibangku SMA hanya bercita-cita bekerja sebagai pegawai Kantor Pos, ini sudah moncer sejak menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Medan (saat itu masih bernama Poltabes Medan). Sejak perwira pertama Polri pun, dirinya telah menunjukan keberanianya dalam menjalankan tugas. 


Adalah perintah Jendral (Purn) Pol Sutanto, kala menjabat Kapolda Sumut, prestasi besar yang sempat bikin geger Sumut. Dengan sangat berani, ketika itu dirinya memberantas perjudian di Kota Medan. Langkah yang sangat luar biasa, disaat Kota Medan masih terkenal dengan togelnya. Walau akhirnya, keberaniannya itu sempat membuat dirinya terdepak. 


Dikenal tak pernah takut menegakkan kebenaran, Agus Andrianto muda tak jera. Hal yang sama kembali diulanginya, saat pangkat perwira menengah, dirinya kembali bikin geger, saat menjabat Kasubdit Tipiter di Polda Jawa Timur, dirinya kembali bikin galau para mafia elektronik. Barang barang haram tanpa dokumen lengkap disikatnya habis. Lagi lagi, tindakan beraninya membuat dia terjerembab. Dirinya dimutasi ke bagian koperasi. 


Menyerah untuk terus berprestasi? Ternyata tidak. Tak satu jenjang jabatan pun yang tak diukir Agus dengan gemilang, walau halangannya dicopot dari jabatan, tak ada kata menyerah. Dirinya sangat yakin, perbuatan baik tak perlu berhenti hanya karena manusia. Allah adalah sang pemilik kekuasaan. 


Buktinya, ketika jabatan Direktur Reserse Umum Polda Sumut terancam dicopot dari pundaknya, perwira tinggi yang murah senyum itu pun tak gentar menyuarakan kebenaran. Baginya, sebuah kebenaran harus dijunjung tinggi demi tegaknya keadilan. Kini, sang maestro itu didapuk jabatan tertinggi di reserse. Banyak harapan ditumpukan kepundaknya. Harapan mengungkap kebenaran, dan memberantas kejahatan tanpa pandang bulu. 


Agaknya, angin segar untuk penegasan Kapolri Jendral Listyo Sigit agar hukum jangan tumpul ke atas, segera ditunjukan oleh perwira polisi yang masa kedinasannya sempurna di jajaran Polda Sumut itu. Komjen Agus Andrianto SH sudah membuktikannya sejak Pama, Pamen, dan harapan kini saat dirinya menduduki bintang tiga. Insyallah...



Penulis : ZULKIFLI/wartawan senior di Medan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama