• Jelajahi

    Copyright © Suara Pembaharuan
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Monetize your website traffic with yX Media

    Tahun Baru Imlek 2572, Hunian Hotel di Danau Toba dan Berastagi Capai 95 Persen

    2/13/21, 14:31 WIB Last Updated 2021-02-13T07:31:40Z
    Monetize your website traffic with yX Media
    Monetize your website traffic with yX Media

    MEDAN - Tingkat hunian hotel padq Tahun Baru Imlek 2572 di daerah parisiwsata kawasan Danau Toba di Kabupaten Simalungun, Toba, Samosir, maupun okupansi hotel di daerah Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), meningkat mencapai 95 persen.


    Ilustrasi

    Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara (Sumut), Denny S Wardhana mengatakan, wisatawan yang melakukan pemesanan kamar untuk menginap di hotel di lokasi wisata favorit di daerah tersebut, dipastikan semakin meningkat.



    "Untuk setiap hari besar keagamaan, termasuk Tahun Baru Imlek 2572, kunjungan wisatawan ke Danau Toba maupun Berastagi dipastikan melonjak drastis. Terkadang wisatawan sulit untuk bisa mendapatkan kamar hotel," ujar Denny S Wardhana di Medan, Sabtu (13/2/2021).



    Denny Wardhana menyampaikan, pesanan kamar hotel oleh masyarakat maupun wisatawan saat perayaan Imlek juga mengalami peningkatan. Namun tingkat pesanan kamar hotel di Medan tidak setinggi di daerah wisata andalan di Danau Toba maupun Berastagi tersebut. 



    "Untuk tingkat hunian hotel bintang lima di Medan mencapai 75 persen, sedangkan hotel dengan kelas bintang 4, pesanan kamar hotel sekitar 50% hingga 60%. Namun, hunian hotel bakal turun drastis lagi di Hari Minggu. Sebab, wisatawan pulang karena akan masuk hari kerja," katanya.



    Denny Wardhana mengapresiasi pengelola hotel yang memperketat protokol kesehatan bagi masyarakat. Di mana, saat liburan panjang tersebut, pengelola mewajibkan tamu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan (3M) dan tidak kerumunan.



    "Antisipasi penyebaran virus corona oleh pengelola hotel di daerah pariwisata, mulai dari awal liburan sampai akhir liburan panjang pada hari Minggu, dapat dilaksanakan secara baik. Kita memberikan apresiasi karena pengelola hotel mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh dan menerapkan 3M terhadap tamu hotel," ujar Denny S Wardhana.



    Sesuai laporan dari PHRI di kabupaten/kota di daerah pasriwisata, kata Denny, hunian kamar hotel di masa liburan panjang kemarin, sudah hampir mencapai 100 persen. Seluruh kamar hotel penuh khusus di lokasi wisata Danau Toba di Kabupaten Samosir, Parapat Kabupaten Simalungun maupun Berastagi di Kabupaten Tanah Karo.



    "Setiap liburan panjang, okupansi hotel dipastikan penuh. Berbeda dengan liburan pafa akhir pekan, hunian hotel sekitar 40 - 60 persen saja. Jika ada 100 hotel di Samosir dan Simalungun, kemudian setiap hotelnya menyediakan sebanyak 50 kamar, maka wisatawan nusantara yang berwisata, sebanyak 5.000 orang," sebutnya.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini