Banjir Bandang Terjang Kepulauan Sitaro

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Banjir bandang menerjang wilayah Namitung, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara, pada Senin (29/3/2021) sore kemarin, mengakibatkan dua rumah mengalami rusak berat.


Istimewa

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, banjir bandang itu juga merusak jalan sepanjang 100 meter, tempat usaha selain rumah milik warga setempat.


"Total warga yang mengungsi berjumlah 50 KK atau 163 jiwa. Mereka tersebar di dua tempat pengungsian. Warga mengungsi di Gereja Bahu sebanyak 33 KK atau 111 jiwa dan rumah keluarga 17 KK atau 52 jiwa," ujar Raditya Jati, Selasa (30/3/2021).


Raditya menyampaikan, BPBD Kabupan Kepulauan Sitaro telah mendistribusikan bantuan permakanan kepada para warga di pengungsian. Selain itu, pemerintah daerah juga menyediakan matras, tikar dan selimut.


Melihat Info BMKG, prakiraan cuaca di Kecamatan Siau Timur menunjukkan hujan ringan pada siang hingga sore hari. Hal serupa masih berpotensi terjadi pada esok hari, Rabu (31/3/2021). 


Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama