Polda Jawa Timur Amankan 6 Peserta Kongres HMI

SURABAYA, suarapembaharuan.com - Polda Jawa Timur mengamankan 6 orang peserta Kongres XXXI Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dari dalam Gedung Islamic Centre Jalan Dukuh Kupang, Surabaya.


Istimewa

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, proses pengamanan terhadap 6 orang peserta kongres itu atas permintaan dari panitia. Enam orang dimaksud langsung diamankan untuk dimintai keterangan.


"Kericuhan ini karena ada misskomunikasi di antara sesama peserta kongres. Saat kejadian, petugas kita memang berada di luar gedung melakukan pengamanan," ujar Nico Afinta, Rabu (24/3/2021).


Nico Afinta menjelaskan, pengamanan di luar gedung dilakukan petugas karena banyak rombongan kader HMI non peserta kongres yang berdatangan dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat maupun lainnya.


Istimewa

"Kita melakukan antisipasi dengan melakukan pendekatan - pendekatan untuk memberikan pemahaman terhadap adik - adik kader HMI tersebut. Kita berikan pemahaman mengingat masih pandemi Covid-19," katanya.


Nico mengharapkan kader HMI dapat menyelesaikan permasalahan yang sesang terjadi. Termasuk dalam menuntaskan pelaksanaan kongres sesuai dengan demokrasi yang dilaksanakan.


"Kita bersama pemerintah mendukung kongres ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Kita meminta panitia maupun adik - adik dari HMI untuk memahami kondisi, dan menuntaskan kongres ini," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama