Gunung Sinabung Kembali Erupsi

KARO, suarapembaharuan.com - Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), kembali erupsi sebanyak dua kali, Minggu (4/4/2021). Erupsi Sinabung membentuk kolom abu mencapai 2.000 meter.


Istimewa

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi Sinabung terjadi sekitar pukul 06.56 WIB dan erupsi kesua sekitar pukul 07.06 WIB. Gunung merapi ini pun kemungkinan erupsi lagi.


"Erupsi Sinabung ini mengakibatkan beberapa kawasan di Tanah Karo diguyur hujan abu. Kita minta masyarakat mewaspadai ancaman penyakit karena menghirup abu vulkanik," ujar Armen Putra.


Armen Putra menyampaikan, aktivitas Sinabung masih tinggi. Oleh karena itu, masyarakat maupun wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas di kaki Sinabung.


"Tidak boleh ada aktivitas di zone merah yang berada di kaki Sinabung. Ini bisa membahayakan keselamatan masyarakat itu sendiri," sebutnya.


Menurutnya, sudah dilakukan relokasi dalam radius 3 km dari puncak Sinabung. Selain itu, tidak dibenarkan aktivitas dalam radius 5 km untuk sektor Selatan - Timur, dan 4 km untuk sektor Timur - Utara.


"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diminta memakai masker saat di luar rumah. Ini penting untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik," jelasnya.


Selain itu, masyarakat juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. 


"Bagi masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, juga diminta mewaspadai terhadap bahaya lahar," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama