Hadapi Ramadan dan Lebaran, Kebutuhan Uang Kartal di Sumut Diprediksi Rp2,6 Triliun

MEDAN, suarapembaharuan.com - Bank Indonesia memprediksi kebutuhan uang kartal selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri 2021 untuk masyarakat di Sumatera Utara (Sumut) mengalami kenaikan sekitar 4% bila dibanding dengan tahun 2020 sebesar Rp2,5 triliun.


Istimewa

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut, Soekowardojo mengatakan, kebutuhan uang kartal untuk masyarakat di Sumut dipastikan mengalami peningkatan selama bulan Ramadan hingga lebaran, yang diperkirakan mencapai Rp2,6 triliun.


Menurut Soekowardojo, kenaikan jumlah penggunaan uang kartal ini mengacu pada mulai bergeraknya perekonomian di Sumut dibandingkan tahun yang lalu. Namun jumlah ini masih dibandingkan dengan periode yang sama sebelum pandemi Covid-19 terjadi. 


Pada 2020, penyerapan uang kartal di Ramadan dan Idul Fitri anjlok hingga 92 persen atau tinggal Rp2,5 triliun dari Rp4,8 triliun di 2019 akibat pandemi Covid-19.


"Karena perekonomian mulai bergerak meski pandemi Covid-19 masih ada, BI meyakini akan ada kenaikan kebutuhan uang di tengah masyarakat pada Ramadan dan Idul Fitri 2021," ujarnya.


Soekowardojo mengatakan untuk penukaran uang hanya akan dilayani di perbankan. Pihaknya tidak akan membuka layanan penukaran uang diluar perbankan untuk menghindari kerumunan. 


"Tidak ada layanan penukaran uang di titik-titik keramaian seperti yang biasanya dilakukan sebelum pandemi Covid-19," ujarnya.


Untuk itu, ujar Soekowardojo, seluruh perbankan sudah diminta bersiap melayani penukaran uang baru baik untuk pecahan kecil  maupun uang pecahan besar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama