Kawasan Batang Disiapkan untuk Industri Percontohan

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan  Kawasan Industri Terpadu Batang, Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.


Istimewa

Menurut Jokowi, kawasan industri ini akan dijadikan sebagai percontohan untuk pengembangan kawasan-kawasan industri di daerah lainnya.


“Inilah yang akan kita jadikan sebagai contoh untuk nanti kawasan-kawasan industri yang lain yang berada di provinsi-provinsi, baik di Jawa maupun di luar Jawa,” ujar Jokowi.


Kawasan industri ini akan dikerjakan seluas 4.300 hektare. Sekarang telah disiapkan dan hampir selesai 450 hektare yang akan dipakai untuk investasi-investasi terutama yang berkaitan dengan teknologi. 


Pada Mei mendatang akan dilakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk industri kaca. Presiden berharap, ini akan menjadi industri kaca terbesar di Asia Tenggara.


Presiden menambahkan, setelah itu akan dibangun industri prekursor, katoda yang mulai di bulan Juni atau Juli. 


Presiden juga telah memerintahkan kepada jajaran manajemen direksi PTPN, serta manajemen Grand Batang City untuk segera menyelesaikan pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang agar dapat menciptakan lapangan kerja.


“Kita harapkan ini akan menyerap tenaga kerja yang sebanyak-banyaknya, memberikan peluang pekerjaan yang sebanyak-banyaknya, seluas-luasnya, dan juga ada arus modal masuk, ada capital inflow ke negara kita yang ini akan bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional kita,” pungkas Presiden.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama