Menkes Budi Gunadi: Varian Baru Virus Corona Asal India Sudah Masuk Indonesia

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, mutasi varian baru Covid-19 asal India sudah mulai menyebar ke Indonesia.


Ilustrasi

"Sudah ada 10 orang yang terpapar virus baru asal India. Ini tersebar di sejumlah wilayah," ujar Budi Gunadi Sadikin saat jumpa pers secara virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Senin (26/4/2021).


Menurut Budi, 4 dari 10 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang diketahui tersebut, berasal dari tranmisi lokal. Sedangkan 6 kasus lainnya merupakan imported case atau kasus impor dari luar negeri. 


"Dari 10 kasus yang sudah muncul di Indonesia, 2 orang berada di Sumatra, satu di Jawa Barat dan satu lagi di Kalimantan Selatan (Kalsel). Kita mengantisipasi varian baru virus corona ini," katanya.


Dia menyebutkan, lonjakan drastis kasus virus corona di India disebabkan dua hal. Pertama, karena ada varian baru virus Corona B117 dan ada mutasi lokal B1617. Kedua, melemahnya protokol kesehatan di sana meski vaksinasi sudah berlangsung.


"Jadi di India itu sempat turun cukup drastis. Kasus konfirmasi per hari hanya sekitar 5.000 kasus yang terakhir kemarin kita lihat sudah naik ratusan kali lipat menjadi 349.000 kasus per hari dari 5.000 kasus per hari," kata Budi.


Karena itu, dia meminta semuannya untuk mewaspadai hal ini. Presiden Joko Widodo juga mengingatkan kondisi keseimbangan yang ada sekarang sudah paling bagus, baik dari sisi kesehatan dan ekonominya. 


"Apa yang dilakukan, benar-benar memberikan hal yang positif dari sisi kesehatan, turun semua indikatornya, tapi juga memberikan hal yang positif di sisi ekonomi, indikatornya juga naik. Nah, tolong pesan dari bapak presiden jangan diubah-ubah lagi," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama