Pascabaku Tembak TNI-Polri dan KKB, Kondisi di 3 Wilayah Papua Normal

PUNCAK, suarapembaharuan.com - Pascabaku tembak antara pasukan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), kondisi di tiga wilayah Provinsi Papua kembali normal. Warga di Distrik Ilaga, Beoga dan Sugapa mulai melakukan aktivitas di luar rumah karena merasa situasi sudah aman.


Istimewa

Kepala Humas Satgas Nemangkawi Kombes M. Iqbal Alqudussy mengatakan, pasukan TNI-Polri melakukan pengamanan Bandara di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis (29/4/2021). Sebab, masyarakat di sana sedang menurunkan sembako dan juga barang dagangan dari pesawat.


"Dengan adanya kegiatan tersebut membuktikan tidak ada masyarakat Distrik Ilaga Kabupaten Puncak yang mengungsi," ujar Iqbal, Kamis (29/4/2021).


Menurut Iqbal, hari ini terdapat 30 penerbangan di Bandara Ilaga. Penerbangan itu dari Kabupaten Mimika ke Ilaga maupun sebaliknya, dengan rincian 20 penerbangan penumpang dari Kabupaten Mimika menuju Bandara Ilaga. Kemudian, 10 penerbangan kargo dari Kabupaten Mimika menuju Bandara Ilaga.


"Selain itu, begitu banyak masyarakat ingin melihat langsung kegiatan acara tradisi bakar honai. Tidak banyak masyarakat yang meninggalkan Distrik Ilaga Kabupaten Puncak," katanya.


Sementara itu Wakasatgas Humas Nemangkawi AKBP Arif Fajar Satria mengatakan, kondisi sejak Kamis pagi terlihat berjalan normal pascakontak tembak antara TNI-Polri dengan KKB pada 27 April 2021.


"Pada pagi hari Kamis pagi sekitar pukul 08.00 waktu setempat, aktivitas warga masih berjalan normal. Beberapa masyarakat sudah melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Pasukan TNI-Polri juga senantiasa memberikan perlindungan dan keamanan bagi masyarakat Distrik Ilaga," ucap Arif.


Kondisi serupa juga terjadi di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Berdasarkan laporan Karoops Polda Papua Kombes Jermias Rontini mengatakan, situasi di sana terlihat cerah dan juga kondusif.


Pihaknya berada di sana bersama pasukan dari BKO Satbrimob Kalimantan Barat dan dari Organik Satbrimob Kota Raja. 


"Situasi Beoga saat ini sangat cerah. Kali pertama saya berada di tempat ini, tempat ini bener sejarah salah satu tempat masuknya Injil di Kabupaten Puncak. Suasananya cukup menyenangkan bagi masyarakat Kabupaten Puncak," kata Jermias saat bersama Wadansat Brimob Polda Papua AKBP Suroso.


Dia berharap, situasi seperti itu bisa terus terjadi di Papua. Dengan begitu, masyarakat betul-betul bisa melaksanakan aktivitasnya dengan damai.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama