Seekor Lumba-Lumba Tersesat dan Terperangkap di Empang Warga

MAKASSAR, suarapembaharuan.com - Seekor ikan lumba-lumba ditemukan di dalam empang milik  warga di Desa Mara, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (29/4/2021). Lumba-lumba tersebut diduga terpisah dari kawanannya dan tersesat. 


Istimewa

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Maros Ikhwanul mengatakan, saat lumba-lumba itu ditemukan ada luka lecet di bagian kepalanya akibat tergores akar pohon bakau. Lumba-lumba sepanjang 2 meter itu hingga kini masih berada di dalam empang milik warga.

 

"Kondisi lumba-lumba ini mengalami luka lecet di bagian kepala akibat tergores oleh akar pohon bakau," ujar Ikhwanul, Kamis (29/4/2021). 

 

Dikatakannya, satwa laut jenis mamalia itu diduga masuk melalui saluran irigasi yang berjarak sejauh 5 kilometer (km) dari bibir pantai. 

 

"Kami menduga lumba-lumba ini tersesat dari kelompoknya saat melintasi di jalur sungai muara," katanya.

 

Warga juga sempat memberi makan lumba-lumba itu agar bisa bertahan dan tidak stres. "Warga sudah ada kasih makanan," kata pemilik empang Abdul Haris.

 

Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan bersama Damkar Maros rencananya akan mengevakuasi lumba-lumba tersebut ke laut lepas, pada Jumat (30/4/2021) besok. 

 

Evakuasi belum bisa dilakukan hari ini karena petugas damkar tidak memiliki perahu yang bisa digunakan petugas untuk membawa lumba-lumba ke laut.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama