Warga Rehabilitasi Cagar Budaya Jembatan Kebajikan Tjong Yong Hian

 Reporter : Ricardo Sinaga


MEDAN, suarapembaharuan.com - Jembatan kebajikan sebagai salah satu cagar budaya, yang berada di Jalan Haji Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Sumatera Utara (Sumut), akhirnya direhabilitasi, Minggu (4/4/2021).


Istimewa

Proses rehabilitasi jembatan yang dibangun oleh Tjong Yong Hian pada tahun 1850 lalu itu, oleh Pemuda Pemudi Kampung (P3KS) Sejahtera yang berkolaborasi dengan pemerintahan setempat, management Camridge, Paguyuban Muda Kampung Sejahtera (Pamungkas), dan organisasi Pemuda Pancasila (PP).


Ketua P3KS, Aminurasid mengatakan, upaya rehabilitasi Jembatan Tjong Yong Hian untuk menjaga cagar budaya peninggalan bersejarah yang ada di Kampung Sejahtera. Pihaknya menggandeng semua pihak untuk memperindah jembatan bersejarah tersebut.


"Untuk menjaga warisan peninggalan bersejarah ini, kami semua yang tergabung dalam kolaborasi tersebut, melakukan pengecatan ulang dan membersihkan prasasti maupun lampu di jembatan kebajikan ini," kata Aminurasid.


Lurah Petisah Tengah, Juni Hardian mengapresiasi kolaborasi yang dibangun P3KS, PP, Paguyuban Muda Kampung Sejahtera bersama pemerintah setempat dengan management Camridge. 


Istimewa

"Kita berterimakasih karena berkat kerjasama dari P3KS dengan lainnya, jembatan kebajikan ini terlihat indah kembali. Ini merupakan kolaborasi yang kuat, apalagi sampai melibatkan banyak pihak. Kami mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan goyong - royong ini," kata Juni Hardian.


Sementara itu, Deni Wahyudi selaku manager Cambridge Condominium berharap, kegiatan gotong - royong ini dapat dijadikan rutinitas setiap bulannya. Pasalnya, jembatan kebajikan ini harus tetap terawat agar selalu terlihat indah dan tertata rapi


"Kami sangat mendukung aksi bersama dalam melakukan pembersihan untuk merawat jembatan ini. Jembatan ini semakin terlihat indah karena trotoar jalan di sekitar jembatan juga turut dicat. Kami siap mendukung kerjasama ini untuk ke depannya. Kelestarian jembatan ini harus tetap dijaga," sebutnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama