BMKG: Gempa Bumi Tektonik M7,2 di Nias Barat Kategori Dangkal

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang perairan laut Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang terjadi kategori gempa dangkal.

 

Istimewa

Hasil analisis BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumut pada kedalaman 10 km. 

 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang berada di zona outer-rise. Sesuai hasil analisis, gempa bumi ini memiliki mekanisme sesar turun (normal fault)," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, Jumat (14/5/2021).

 

Guncangan gempa dirasakan di Gunungsitoli dengan kekuatan skala III-IV MMI, Banda Aceh III MMI, Aek Godang, Aceh Tengah II MMI. Bahkan disebut dirasakan warga Kota Padang, Sumatra Barat. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. 

 

"Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

 

BMKG juga telah memutakhirkan kekuatan gempa menjadi magnitudo 6,7. Selain itu mencatat tiga kali adanya gempa bumi susulan dengan salah satunya berkekuatan cukup besar M5,2 pada pukul 14.16 WIB.

 

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama