Dua 'Varian Raja' Corona Sudah Masuk Indonesia

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan varian baru Corona B1351 yang masuk kategori variant of concern (VOC), dan diyakini sebagai 'varian raja' Covid-19, sudah masuk ke Indonesia.


Istimewa

Budi Gunadi mengatakan, ada dua orang warga yang teridentifikasi terpapar virus itu. Kedua kasus ini muncul di Jawa Timur. Virus itu datangnya dari Malaysia setelah terbawa dari Afrika. Varian baru ini memiliki penulatan lebih tinggi dari strain yang aslinya.


"Kasus varian baru ini kita temukan sekitar dua minggu lalu Jawa Timur. Kita mengingatkan masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Dua orang yang terpapar adalah pekerja migran," ujar Budi Gunadi, Senin (17/5/2021).


Selain varian B1351, virus lain jenis B117 asal Inggris juga dikabarkan sudah masuk ke Indonesia. Varian B117 ini dilaporkan sudah mendominasi dunia. Virus ini juga berkembang pesat saat menularkan di tengah masyarakat.


"Salah satu cara untuk mengantisipasi penularan varian baru corona ini hanya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jika sudah menemukan kasus ini di tengah masyarakat maka harus dilakukan tracing secara menyeluruh," kata Budi Gunadi.


Budi juga mengingatkan seluruh pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota, untuk meningkatkan proses tracing. Pastikan protokol kesehatannya dijaga, memakai masker, kepada daerah, polda, pangdam untuk PPKM agar dijalankan sebaik mungkin.


"WHO memberikan guidance untuk minimal 1 per 1.000 orang ditesting per minggu, jadi kalau Indonesia per harinya harus sekitar 40 ribuan kita harus test, tracingnya pun harus jalan, karena yang ditesting berdasarkan epidemiologi harus yang kontak erat juga terpapar corona," pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama