Ganjar Siapkan Formula Pembelajaran Aman dari Covid-19 - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

2 Mei 2021

Ganjar Siapkan Formula Pembelajaran Aman dari Covid-19

SEMARANG, suarapembaharuan.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan formula dalam melaksanakan pembelajaran yang aman di tengah pandemi Covid-19.


Istimewa

Ganjar Pronowo mengemukakan hal itu Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang jatuh pada Minggu (2/5/2021). Selama ini, Jateng melakukan inovasi agar proses belajar bisa berjalan aman.


Misalnya, SDN 01 Tegalontar, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan memanfaatkan radio komunitas sebagai metode pembelajaran jarak jauh (PJJ), di SMA 11 Semarang, sekolah meminjamkan gawai dan laptop kepada siswa dari kalangan tak mampu agar dapat digunakan mengikuti PJJ. 


Guru di MTs Al Hidayah Karangrayung Kabupaten Grobogan juga rela naik turun bukit, untuk menyambangi rumah siswa, dan sebagainya.


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,, mendorong para guru dan kepala sekolah lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi kepada para siswa. Hal ini agar proses belajar jarak jauh atau berani dapat berjalan efektif.


“Selain dukungan orang tua siswa yang mendampingi serta tersedianya sarana prasarana, kreativitas dan inovasi para guru juga dibutuhkan agar pelaksanaan pembelajaran yang berani berjalan efektif,” ujar Ganjar, dalam satu kesempatan, beberapa waktu lalu.


Selanjutnya, sekolah di Jateng telah melakukan ucoba pembelajaran tatap muka (PTM) yang tentu wajib menerapkan protokol kesehatan. Pada uji coba PTM tahap pertama berlangsung 5-16 April 2021. Dengan jumlah sekolah di Jateng hanya 157 sekolah.


Berdasarkan hasil evaluasi, pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap pertama pada 5-16 April lalu telah berjalan baik. Tidak ada berarti berarti sejak awal hingga akhir pelaksanaan.


Ganjar menilai, PTM tahap pertama berhasil. Keberhasilan ini membuat Provinsi Jawa Tengah dapat kembali menggelar kegiatan serupa pada Senin (26/4/2021) hingga 7 Mei mendatang. Bahkan, orang nomor satu di Jateng ini, juga akan memberikan izin jika ada yang ingin melakukan penambahan jumlah kelas pada PTM tahap kedua ini.


“Evaluasinya berjalan, tidak ada masalah. Maka sekarang, didesain (aturannya), dan saya sampaikan kepada sekolah yang melaksanakan PTM, saya (akan) kasih izin kalau mereka mau nambah kelas,” beber Ganjar.


Diketahui, pelaksanaan uji coba PTM di Jateng digelar secara bertahap. Tahap pertama 5-16 April, kemudian dilanjutkan tahap kedua pada 26 April sampai 7 Mei dan terakhir tahap ketiga yakni 12 Juli sampai September nanti.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here