Gempa Nias Barat Terasa hingga Kabupaten Karo, Warga Berhamburan Keluar Rumah

MEDAN, suarapembaharuan.com - Gempa bermagnitudo 7,2 mengguncang Kabupaten Nias Barat, Sumatara Utara (Sumut) pada Jumat (14/5/2021) siang terasa hingga Kabupaten Karo. Guncangan gempa tersebut terasa cukup keras di Kota Kabanjahe dan Berastagi.

Istimewa
Malem Sembiring mengaku merasakan getaran gempa cukup kuat saat sedang berada di rumah. Sebelumnya, dia merasa getaran tersebut bukan gempa. 


"Namun setelah cukup lama, saya sadar itu gempa dan memilih keluar rumah," ujar Malem.

 

Saat keluar rumah, Malem mengaku sudah melihat tetangganya berada di luar rumah. Awalnya mereka menduga gempa tersebut karena aktivitas Gunung Sinabung. 

 

"Kami duga tadi karena Sinabung, ternyata di Nias Barat," kata Malem. 

 

Gempa bermagnitudo 7,2 mengguncang Kabupaten Nias Barat, Sumatara Utara (Sumut) pada Jumat sekitar pukul 13.33 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut guncangan tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

Gempa bumi ini terjadi pada pukul 13.33 WIB. Pusat gempa berada di 141 kilometer Barat Daya Nias Barat dengan kedalaman 19 kilometer.

 

Koordinat gempa berada di 0.10 lintang utara dan 95.53 bujur timur. Dari hasil analisis BMKG, gempa tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

 

Belum diketahui pasti dampak yang ditimbulkan akibat gempa, termasuk adanya kerusakan dan korban jiwa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama