Jokowi Tinjau Pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/5/2021). 


Istimewa


Dalam kegiatan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Kemudian, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, serta Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian. Berdasarkan informasi yang diterima Presiden, progress pengerjaan konstruksi telah mencapai 73%.


Tempat pertama yang dikunjungi adalah Casting Yard #1 yang berlokasi di Cikarang. Casting yard ini memproduksi 1000 box girder yang akan didistribusikan untuk jalur elevated mulai dari Halim hingga Purwakarta. 


Sedangkan tempat kedua yang dikunjungi yakni Tunnel #1 yang berlokasi di KM 5+500 Tol Jakarta-Cikampek. Tunnel ini merupakan terowongan yang paling dekat dengan Jakarta.


“Nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi dan diharap nanti di akhir tahun 2022 Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan, setelah uji coba langsung masuk ke operasional” ungkap Presiden dalam kegiatan yang disiarkan oleh YouTube Sekretariat Presiden tersebut.


Kereta Cepat Jakarta-Bandung diharapkan akan terintegrasi dengan LRT dan MRT di Jakarta. Dengan demikian, moda transportasi ini dapat menjadi alternatif transportasi karena efisiensi waktu dan kecepatan. Ini pun, ungkap Presiden dapat menjadi peluang daya saing bagi Indonesia.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama