Pascadigerebek Polisi, Layanan Rapid Test Antigen di Lapangan Merdeka Medan Tutup

MEDAN, suarapembaharuan.com - Layanan rapid test antigen dan tes swab PCR secara drive thru di Jalan Pulau Pinang, Lapangan Merdeka, Kota Medan, ditutup sementara waktu. Penutupan dilakukan setelah layanan yang diselenggarakan oleh PT Sumatera Siberia Kompaniya digerebek personel Unit Tindak Pidana Khusus Satreskrim Polrestabes Medan, Selasa (25/5/2021).  

Pascadigerebek Polrestabes Medan, layananLayanan rapid test antigen dan tes swab PCR drive thru di Jalan Pulau Pinang, Lapangan Merdeka, Kota Medan, tutup, Rabu (26/5/2021) 

Fasilitas pemeriksaan Covid-19 milik PT Sumatera Siberia Kompaniya ini bekerja sama dengan Satgas Covid-19, Pemko Medan, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Klinik Al Ikhlas dan Fastlab ini tutup. Di lokasi terlihat sepi dan tidak ada tim medis maupun warga di lokasi tersebut. 

 

Tidak ada keterangan terkait sampai kapan lokasi tersebut ditutup. Namun demikian, warga yang hendak tes Covid-19 memilih ke layanan rapid test antigen Kolaborasi Medan Berkah yang berada di Jalan Bukit Barisan, Kota Medan. Di lokasi tersebut, terlihat banyak warga yang mengantri untuk menjalani pemeriksaan Covid-19. 

 

Salah seorang warga Kota Medan bernama Chandra mengaku hendak melakukan test Covid-19. Awalnya, Chandra ke layanan rapid test antigen di Lapangan Merdeka. 

 

"Tadi sudah ke sana. Namun karena tutup, saya ke sini (layanan rapid test antigen kolaborasi Kota Medan) untuk rapid test antigen," ujar Chandra, Rabu (26/5/2021). 

 

Chandra mengaku tidak mengetahui secara persis kenapa layanan rapid test antigen di Lapangan Merdeka tutup. Namun dari pemberitaan dia mengetahui lokasi tersebut sebelumnya digerebek polisi. 

 

Chandra mengaku proses layanan rapid test antigen di Lapangan Merdeka lebih cepat dibandingkan lokasi milik Pemko Medan tersebut. Namun hal tersebut disebabkan banyak warga yang hendak menjalani rapid test antigen karena layanan drive thru di Lapangan Merdeka ditutup. 

 

Sebelumnya, Polrestabes Medan mengamankan tiga orang saat menggerebek lokasi layanan rapid test  drive thru di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (25/5/2021) sore. Polisi juga mengamankan alat-alat pemeriksaan dan limbah dari lokasi. 

 

"Kami mengamankan tiga orang dari lokasi penggerebekan dan alat-alat rapid test antigen serta limbahnya juga," kata Kanit Tindak Pidana Khusus Satreskrim Polrestabes Medan AKP Aryya Nusa Hindrawan.

 

Aryya Nusa Hindrawan mengatakan, penggerebekan tersebut berkaitan dengan legalitas pelaksanaan rapid test drive thru atau layanan tanpa turun (lantatur) yang berada di Lapangan Merdeka Medan. Selain itu, penggerebekan tersebut juga terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

 

"Saat ini kita sedang melakukan penindakan terkait legalitas pelaksanaan," katanya.


Namun dia tidak menjelaskan secara rinci terkait pelanggaran yang dilakukan layanan rapid test Antigen tersebut. Begitu pula dengan identitas tiga orang yang diamankan. 

 

"Ini masih akan didalami. Keterangan lebih lanjut nanti akan kita sampaikan. Nanti untuk informasi lanjutan akan diinformasikan," katanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama