Sinabung Kembali Erupsi, Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

KARO, suarapembaharuan.com - Kalangan masyarakat diminta menungkatkan kewaspadaan menyusul meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), yaang meluncurkan guguran awan panas sejauh 3.500 meter dari atas puncak, Rabu (19/5/2021).


Istimewa

Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi Sinabung terjadi pukul 04.48 WIB. Guguran awan panas Gunung Sinabung mengarah ke Sektor Timur dan Selatan.


"Erupsi Sinabung dengan amplitudo 120 mm dengan durasi 11 menit 18 detik. Meski aktivitas Sinabung meningkat, statusnya masih tetap di Level III (Siaga)," kata Armen Putra.


Armen mengimbau masyarakat maupun wisatawan untuk tetap menjauhi zona merah yang berada di kawasan kaki Gunung Sinabung. 


Daerah larangan itu sangat beresiko bagi masyarakat dari segala bentuk aktivitas. Masyarakat tidak boleh berada di zona merah.


Saat ini, Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl), masih aktif. Warga tidak direkomendasikan beraktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, persisnya dalam radius 3 km dari puncak gunung.


Kemudian, untuk radius sektoral 5 km pada sektor Selatan - Timur, dan 4 km untuk sektor Timur - Utara. Masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.


Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanis yang lebat agar tidak roboh. 


Masyarakat yang bermukim di dekat sungai - sungai juga diminta agar tetap mewaspadai bahaya lahar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama