'Tsunami' Covid-19 di India Tembus 400.000 Kasus Per Hari

NEW DELHI, suarapembaharuan.com – Lonjakan kasus Covid-19 di India tak terkendali. Dalam 24 jam terakhir, negara tersebut mengonfirmasi 401.993 kasus virus Corona baru. 


Istimewa

Menurut data Kementerian Kesehatan India, kematian akibat Covid-19 di negara tersebut melonjak 3.523 selama 24 jam terakhir. Dengan begitu, total kejadian infeksi virus corona di India per hari ini sebanyak 19,17 kasus.

 

Adapun, total pasien Covid yang meninggal dunia di negeri anak benua itu kini mencapai 211.853 jiwa.

 

Reuters melansir, kejadian infeksi Covid-19 di India telah bertambah sekitar 7,7 juta kasus baru sejak akhir Februari. Padahal, negara itu membutuhkan waktu hampir enam bulan untuk mencatatkan 7,7 juta kasus sebelumnya.

 

India kini berada dalam krisis kesehatan yang parah. Semua rumah sakit dan kamar mayat di negeri anak benua itu kewalahan karena membludaknya jumlah pasien dan korban meninggal akibat Covid.

 

Sementara, persediaan obat-obatan dan oksigen amat terbatas. Kota-kota besar di sana pun memberlakukan pembatasan ketat terhadap pergerakan warganya.

 

India adalah produsen vaksin terbesar di dunia. Akan tetapi, negara itu tidak memiliki cukup persediaan untuk menangani gelombang susulan wabah Covid-19 yang kian mematikan. 

 

Padahal, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi berencana memvaksinasi semua orang dewasa mulai 1 Mei. Namun, hanya sekitar 9 persen dari total 1,4 miliar penduduk India yang sudah menerima dosis vaksin corona sejak Januari.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama