Wali Kota Medan Bobby Nasution Sambangi Korban Banjir di Medan Maimun

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau banjir yang merendam permukiman warga di kawasan Medan Maimun, Kota Medan, Sabtu (15/5/2021) dini hari. Ratusan rumah warga di kawasan tersebut terendam banjir kiriman dari kawasan pegunungan.  

Istimewa

Bobby Nasution saat meninjau pintu kanal Medan Johor mengatakan, hujan yang melanda Kota Medan, Jumat (14/5/2021) sebenarnya tidak terlalu deras. Namun besarnya kiriman air dari kawasan pegunungan membuat Sungai Deli meluap. 

 

"Hujan tidak terlalu deras. Tapi ada kiriman dari hulu sehingga Sungai Deli meluap dan air masuk ke rumah-rumah warga. Tapi ini menjadi tanggung jawab Pemko Medan," ujar Bobby, Sabtu (15/5/2021). 

 

Pascabanjir di kawasan tersebut, Bobby kemudian menginstruksikan seluruh aparatur kecamatan dan kelurahan setempat untuk membantu warga. Warga yang rumahnya terendam banjir diminta untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman. 

 

Pemerintah Kota Medan juga mendirikan dapur umum untuk memastikan warga yang mengungsi tidak kekurangan makanan maupun minuman. 

 

"Saya minta camat, lurah, dan kepling membantu warga. Jangan sampai ada warga yang tidak makan. Setelah banjir surut nanti, saya juga minta seluruh aparatur gerak cepat membersihkan lingkungan," kata Bobby.

 

Bobby mengatakan, Pemko Medan akan kolaborasi dengan Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II guna menghambat kirim air dari hulu sungai, terutama di pintu-pintu kanal air.

 

Wali Kota Bobby Nasution menyempatkan diri memberikan bantuan kebutuhan pokok dan makanan cepat saji kepada warga yang mengungsi.

 

"Dari awal kita telah berkolaborasi dengan BWS. Ke depan kita akan terus perkuat, agar semakin maksimal mencegah banjir kiriman dari hulu," ucap Bobby.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama