Iklan

Politik

Edy Rahmayadi Tinjau Pembangunan Rumah Korban Kebakaran di Langkat

08/06/2021, Juni 08, 2021 WIB Last Updated 2021-06-08T13:16:06Z

LANGKAT, suarapembaharuan.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau pembangunan kembali rumah korban kebakaran di Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Selasa (8/6/2021). Pembangunan sembilan unit rumah permanen untuk korban kebakaran tersebut hampir rampung, dan diharapkan segera ditempati.


Istimewa

Diketahui, akibat kebakaran 13 Maret lalu, ada sembilan unit rumah yang hangus terbakar dan tiga rusak. Jumlah warga yang terdampak sebanyak 15 kepala keluarga (KK). Saat ini, proses pembangunan rumah tersebut sudah mencapai 95%. Biaya yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk pembangunan tersebut sekitar Rp270 juta.

 

Rumah yang terbakar tersebut merupakan rumah semi permanen. Agar tidak terjadi hal serupa dan demi kenyamanan masyarakat, Gubernur Edy Rahmayadi membangun rumah permanen untuk para korban kebakaran tersebut.

 

"Waktu itu kondisinya rusak parah, jadi perlu dibangun ulang, sekarang kita bangun yang permanen. Sudah hampir rampung, diharapkan segera ditempati," kata Gubernur didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Mahfullah Pratama Daulay mengatakan proses pembangunan sudah tinggal finishing. Korban kebakaran sudah ada yang bisa menempati rumah tersebut.

 

"Semoga dengan bantuan yang diberikan ini dapat memberikan kenyamanan kepada korban kebakaran," ujarnya.

 

Dikatakan Mahfullah, sebelum terbakar, rumah korban kebakaran merupakah rumah semi permanen sehingga mudah terbakar. Kebakaran bermula dari satu rumah kemudian merembet ke rumah lainnya.

 

"Sebelumnya rumah rumah tersebut umumnya semi permanen atau dari kayu sehingga mudah terbakar, tapi kini kita bangun permanen, " kata Mahfullah.

 

Selain Pemprov Sumut, donasi dari pihak kelurahan dan kecamatan juga berkontribusi pada pembangunan rumah tersebut. Mahfullah juga mengajak masyarakat yang masih ingin membantu warga bisa berkoordinasi langsung dengan pihak kelurahan atau kecamatan setempat. Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menyerahkan bantuan uang tunai kepada para korban kebakaran tersebut.

Komentar

Tampilkan

Terkini