Lindungi Seluler Anda dari Ancaman Cyber

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Seiring tingginya penggunaan perangkat seluler untuk keperluan pribadi maupun bisnis, ancaman cyber dan kasus kejahatan pada perangkat seluler meningkat secara signifikan. 


Istimewa

Praktik itu tentu bukan saja merugikan masyarakat pengguna seluler, melainkan juga operator seluler yang tercemar nama baiknya. Maka dari itu, salah satu operator,  Telkomsel berkolaborasi dengan mitra Zimperium, PT Wolu kini menyediakan aplikasi proteksi keamanan cyber seluler JagaJaga untuk para pelanggan mereka. 


CEO Zimperium, Shridhar Mittel, mengatakan JagaJaga dirancang sebagai layanan aplikasi keamanan one-stop dan real-time (dengan kapasitas deteksi zero-day) yang tersedia untuk pengguna android maupun iPhone. Aplikasi ini sangat efektif untuk melindungi pengguna dari serangan berbahaya dan malware, phishing site, dan serangan peretas yang masuk melalui jaringan wi-fi.


Di samping itu, JagaJaga juga menyediakan proteksi keamanan konten seperti penyimpanan file yang terenkripsi, brankas foto yang mencegah file dan foto pengguna dicuri oleh peretas. Hal itu merupakan aplikasi keamanan seluler pertama yang memiliki kemampuan yang sedemikian berguna. 


"Sebagai contoh, bila sebuah serangan melalui wi-fi terdeteksi, aplikasi JagaJaga akan menyarankan agar pengguna memutus sambungan dengan jaringan yang tidak aman tersebut. JagaJaga juga menggunakan teknologi machine learning terdepan untuk mendeteksi adanya aktivitas abnormal pada aplikasi, dan menyarankan pengguna untuk mengambil tindakan sebelum perangkatnya dieksploitasi atau informasi dicuri," ujar dia dalam keterangannya pada Jumat (25/6/2021). 


Menurut Shridhar Mittel perangkat seluler adalah pintu masuk baru untuk kejahatan cyber dan pelanggan adalah sasaran yang rawan bagi serangan yang berbahaya. Dengan semakin banyak pelanggan yang menyimpan file penting dan foto pribadi pada perangkat seluler mereka, kebiasaan seperti tersambung pada jaringan wi-fi publik menjadi semakin berbahaya. 


Karena itu Telkomsel berkomitmen untuk memberi pelanggannya proteksi yang terbaik dalam menghadapi berbagai serangan seluler baik berbasis perangkat seluler, jaringan maupun aplikasi, dan ditambah dengan layanan keamanan konten. 


“Telkomsel adalah operator seluler pertama di Indonesia yang merespon terhadap situasi ini dengan bermitra dengan kami untuk mengedukasi pengguna perangkat seluler tentang pentingnya proteksi perangkat seluler di era digital, aplikasi keamanan seluler ini akan meminimalkan berbagai risiko kebocoran data yang tidak perlu yang disebabkan oleh malware,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis JagaJaga, Napoleon Dadas.


Aplikasi keamanan seluler ini akan meminimalkan berbagai risiko kebocoran data yang tidak perlu yang disebabkan oleh malware.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama