Menyusuri Sungai Babura, Bobby Nasution: Bisa Jadi Objek Wisata Baru Kota Medan

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemko) Medan menyusuri Sungai Babura dengan menggunakan perahu karet. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengaku terkesima melihat kebersihan Sungai Babura dan berharap bisa dijadikan objek wisata baru di Kota Medan.

Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menyusuri Sungai Babura dengan menggunakan perahu karet, Sabtu (19/6/2021). (Foto : Istimewa)

Susur Sungai Babura ini mengambil start dari Taman Beringin Jalan Sudirman Medan dan finish di bantaran Sungai Babura, persis di belakang Cambridge Jalan KH Zainul Arifin Medan, tepatnya di Kampung Sejahtera (dulunya Kampung Kubur). Kegiatan ini diinisiasi Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS).

 

Bobby Nasution menilai kegiatan yang dilakukan P3KS merupakan hal yang luar biasa, apalagi dengan upaya menjaga sungai. Sebab, untuk menjaga sungai Pemko Medan tidak bisa bekerja sendiri, perlu dukungan dan kolaborasi dengan masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai dan komunitas pecinta sungai.  

Wali Kota Medan Bobby Nasution melakukan penghijauan di bantaran Sungai Babura. (Foto : Istimewa)

"Penyelesaian permasalahan banjir menjadi salah satu program prioritas utama Pemko Medan saat ini. Oleh karena itu, Pemko Medan siap mendukung kegiatan positif yang dilakukan P3KS," ujar Bobby usai menyusuri Sungai Babura, Sabtu (19/6/2021). 

 

Menurut Bobby, sungai harus dijadikan halaman depan, bukan menjadi halaman belakang. Artinya, sungai harus dijadikan taman oleh masyarakat, bukan malah menjadikannya tong sampah. 

 

Dengan banyak memasifkan kegiatan positif di sungai, Bobby berharap masyarakat sadar akan pentingnya fungsi dan kegunaan sungai, serta menjaga dengan tidak membuang sampah ke sungai.

 

“Kalau sepanjang sungai bagus, sungai dapat kita jadikan sebagai tempat wisata. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa semakin kita masifkan sehingga ke depannya, Pemko Medan berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan pusat, untuk bisa menjadikan kawasan sungai menjadi objek wisata baru Kota Medan," ucap Booby. 

Bobby Nasution membuka acara pelatihan dasar Swiftwater Rescue bagi Relawan di Kampung Sejahtera. (Foto : Istimewa)

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga membuka acara pelatihan dasar Swiftwater Rescue bagi Relawan di Kampung Sejahtera.

  

Sementara itu Ketua P3KS Aminur Rasyid mengatakan, kegiatan yang mereka lakukan untuk merubah image Kampung Sejahtera dulunya bernama Kampung Kubur, yang selama ini kerap disebut sebagai perkampungan narkoba.

 

“Dengan banyaknya kegiatan positif yang dilakukan di kawasan ini, saya melihat image Kampung Sejahtera saat ini sudah sangat positif. Dengan kebersamaan yang kita bangun, insyaallah kegiatan ini menjadi benefit bagi warga setempat,” kata Rasyid.

 

Aminoer Rasyid ini mengatakan, sekolah sungai ini dibentuk sebagai wadah agar para relawan ataupun lembaga pelatihan yang ada dapat memberikan pelatihan kepada warga setempat, sehingga warga yang memiliki keahlian di bidang tersebut dapat mengikutinya dan dapat meningkatkan perekonomiannya. 

 

“Kami disini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini. Semoga ke depannya Pemko Medan dapat bersinergi dan membantu agar dapat membangkitkan perekonomian warga setempat,” ujar pria yang berprofesi sebagai wartawan televisi nasional tersebut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama