PLN Investasi Rp1,6 Miliar, 2 Desa di Kaki Bukit Barisan Terang Benderang Dialiri Listrik

DELISERDANG, suarapembaharuan.com – PLN menghadirkan listrik bagi masyarakat yang tinggal di dua Dusun di kawasan kaki Bukit Barisan. Kedua desa tersebut yakni Negeri Gugung dan Negeri Suah, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). 

Istimewa

Kepala Desa Negeri Gugung, Enda Temanta Sembiring mengatakan, sebelum mendapatkan layanan listrik dari PLN, masyarakat Desa Negeri Gugung dan Negeri Suah menggunakan listrik dari kincir air konvensional dengan daya yang terbatas. 

 

“Sebelum ini kami memakai listrik dari kincir air sederhana sehingga pemakaiannya terbatas. Kami tidak bisa menggunakan alat-alat listrik berdaya besar. Terimakasih kepada pemerintah dan PLN atas masuknya listrik ke Dusun kami ini,” ujar Enda, Kamis (3/6/2021). 

Istimewa

Desa Negeri Gugung dan Negeri Suah terletak 56 kilometer (km) di selatan Kota Medan. Lokasi geografis kedua dusun ini perbukitan dan harus melewati jalan tanah perkebunan sejauh 8 km.

 

Guna menerangi 80 pelanggan di kedua dusun ini, PLN menginvestasikan Rp1,6 Miliar. Artinya, PLN menginvestasikan dana sebesar Rp20 juta per pelanggan yang dialiri listrik.

 

Untuk membuat terang benderang 80 pelanggan di kedua desa tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,66 kilometer sirkuit (kms), 2,62 kms jaringan Tegangan Rendah (JTR), serta dua buah gardu distribusi dengan daya total 150 kilo volt ampere (KVA).

 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatra Utara, Pandapotan Manurung mengatakan, penyalaan listrik tersebut merupakan bagian dari langkah PLN dalam mewujudkan keadilan energi di Indonesia, khususnya di Sumut. 

 

“Sebagai badan usaha pengelola kelistrikan nasional, PLN terus menjalankan amanah negara untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya penyambungan listrik di daerah yang sulit terakses melalui program Listrik Pedesaan,” kata Pandapotan Manurung.

 

Pada periode Januari hingga Mei 2021, PLN telah melistriki 13 Desa di Sumut.

 

“Sejak awal tahun hingga Mei 2021, PLN UIW Sumut telah berhasil melistriki 13 desa. Secara total hingga Mei 2021, sebanyak 6.029 di Sumatera Utara telah menikmati listrik PLN,” kata Pandapotan.

 

PLN Unit Indul Wilayah Sumut mengimbau masyarakat untuk dapat menjaga keandalan pasokan listrik yang tersedia dengan cara menjaga aset atau jaringan listrik PLN dari gangguan berupa tanaman atau pepohonan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama