Situs Pendaftaran Error, Pendaftaran PPDB Daring di Sumut Diperpanjang - Suara Pembaharuan

Breaking

Home Top Ad




Post Top Ad




9 Jun 2021

Situs Pendaftaran Error, Pendaftaran PPDB Daring di Sumut Diperpanjang

MEDAN, suarapembaharuan.com - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Utara memperpanjang masa pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) daring 2021. Perpanjangan ini dilakukan setelah terjadi gangguan pada situs tersebut sejak dibukanya pendaftaran. 

Kadis Pendidikan Sumut (No.3 dari kiri) bersama anggota DPRD Sumut Parlaungan Mangunsong mengunjungi SMA Negeri 5 Medan. (Foto : Andrean)

Kepala Dinas Pendidikan Sumatra Utara (Sumut), Syaifuddin mengakui ada beberapa kendala di sistem, namun hal tersebut sudah dapat dikendalikan programer mereka. Namun untuk rencana memperpanjang masa PPDB akan ditentukan Rabu (9/6/2021) sore.

 

"Pendaftaran akan diperpanjang. Tetapi untuk menentukan berapa harinya, satu hari atau dua hari, kita lihat dulu hingga sore ini. Nanti akan kami informasikan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Syaifuddin saat melakukan kunjungan ke SMA Negeri 5 Medan di Jalan Pelajar Timur Medan, Rabu (9/6/2021) siang. 

 

Saat berkunjung Kadisdik Sumut didampingi didampingi anggota DPRD Sumut Parlaungan Simangunsong dan  Kepala SMA Negeri 5 Medan Suprayitno. Syaifuddin mengakui, kemarin sistem Dinas Pendidikan Sumut terjadi gangguan beberapa jam. Namun gangguan di sistem tersebut, kata Syaifuddin, sudah dapat diatasi programer mereka.

 

"Misalnya, si A pilihannya ke satu sekolah, lari ke sekolah lain. Tapi itu sudah dideteksi programer, sudah selesai. Kemudian ada juga persoalan sukses mendaftar tapi ketika data di print out tidak tercantum sekolah pilihannya. Ternyata itu salah di pengguna sendiri, foto yang diupload terlalu besar dan harus dirubah size ukurannya," katanya 

 

Dikatakannya, perpanjangan masa pendaftaran PPDB di Sumut untuk memastikan para calon peserta didik tidak dirugikan akibat permasalahan di situs atau web pendaftaran.

 

"Usai kami melakukan kunjungan ke beberapa sekolah, sore ini kami akan mengadakan rapat untuk membahas perpanjangan PPDB di Sumut ini," kata Sekretaris PPDB Sumut Suhendri di Medan, Rabu (9/6/2021).

 

Sementara itu Kepala SMA Negeri 5 Medan, Suprayitno mengakui, sejak pagi hari terakhir pendaftaran PPDB di SMA Negeri 5 Medan sudah ramai didatangi orang tua dan siswa. Pihak sekolah memberlakuan protokol kesehatan secara ketat. 

Kepala SMA Negeri 5 Medan, Suprayitno (Foto : Andrean)

"Sebelum masuk ke area lokasi sekolah, orangtua dan siswa wajib diukur suhu tubuhnya dan kita sediakan juga hand sanitizer dan tempat mencuci tangan di pintu masuk," ujar Suprayitno.

 

Suprayitno juga mengapresiasi rencana Dinas Pendidikan Sumut memperpanjang rencana pendaftaran PPDB.

 

"Kami sangat mengapresiasi rencana Pak Kadis memperpanjang pendaftaran PPDB agar para calon peserta didik tidak dirugikan akibat permasalahan di situs atau web pendaftaran," kata Suprayitno.

 

Menurut Suprayitno, jumlah siswa baru yang akan diterima di SMA Negeri 5 Medan kurang lebih sebanyak 420 siswa. Namun untuk jumlah siswa baru yang sudah mendaftar ke SMA Negeri 5 Medan belum diketahui berapa banyak jumlahnya.

 

"Kami belum dapat mengetahui berapa jumlah siswa baru yang sudah mendaftar ke SMA Negeri 5 Medan. namun yang pastinya, kuota untuk jalur afirmasi sebanyak 20 persen, jalur prestasi sebanyak 25 persen, jalur zonasi sebanyak 50 persen, dan jalur perpindahan orang tua sebanyak 5 persen," kata Kepala SMA Negeri 5 Medan, Suprayitno.


Post Bottom Ad

Responsive Ads Here