25 Hektare Hutla di Samosir Terbakar, Proses Pemadaman Masih Berlangsung

SAMOSIR, suarapembaharuan.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (4/8/2021). Sedikitnya, 25 hektare lahan milik masyarakat di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir hangus terbakar. 

Sekitar 25 hektare lahan di Kabupaten Samosir terbakar, Rabu (4/8/2021). (Foto: istimewa)

Kepala Daops Manggala Agni Daops Sumatera II Pematang Siantar Anggiat SP Sinaga mengatakan kebakaran lahan tersebut terjadi pada koordinat N 2.52991 derajat, E 98.69593 derajat. Lokasi kebakaran terjadi di daerah dengan topografi berbukit yang ditumbuhi ilalang dan banyak terdapat anakan kayu.


"Lahan yang tersebut merupakan lahan masyarakat," kata Anggiat, Kamis (5/8/2021).


Anggiat mengatakan saat ini proses pemadaman lahan yang terbakar masih terus berlangsung. Dalam proses pemadaman api, pihaknya dibantu personel TNI/Polri, Kecamatan Harian, KPH Unit XIX dan masyarakat. 


"Luasan lahan yang sudah dipadamkan kurang lebih 20 hektare," ucapnya. 


Anggiat mengatakan pihaknya belum mengetahui asal muasal api tersebut. Namun demikian, selama sepekan terakhir sudah terjadi dua kebakaran lahan di kawasan Samosir. 


"Sebelumnya, api melahap lahan seluas kurang lebih 45 hektar di Kabupaten Samosir pada Jumat, 30 Juli 2021 kemarin. Kebakaran itu terjadi di Dusun Sigulati, Desa Sari Marrihit, Kecamatan Sianjur Mula-Mula," ujarnya. 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama