Banjir Bandang Terjang Batubara, 5.806 Rumah di 4 Kecamatan Terendam

BATUBARA, suarapembaharuan.com - Banjir bandang menerjang empat kecamatan di Kabupaten Batubara, Sumatra Utara (Sumut). Musibah yang terjadi sejak Minggu, 15 Agustus 2021 ini mengakibatkan 5.806 rumah di 31 desa terendam.  

  Banjir melanda Kabupaten Batubara, Sumatra Utara. (Foto: BNPB)

Banjir juga merendam 4.778,5 hektare (ha) lahan pertanian dan kebun warga. Kawasan yang terendam banjir, yakni Kecamatan Sei Balai, Nibung Hangus, Datuk Tanah Datar dan Kecamatan Talawi. 

 

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Muhammad Sya'ban Effendi Harahap mengatakan, banjir terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi sejak Minggu hingga Selasa (17/8/2021). 

 

"Air naik merendam rumah warga mulai Senin 16 Agustus 2021, lalu meluas dan merendam 31 desa di empat kecamatan," ujar Effendi. 

 

Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap jumlah korban, bangunan, dan lahan yang rusak. Mereka juga sudah membagikan karung goni untuk digunakan membendung tanggul yang jebol. Dengan begitu, air sungai yang meluap tidak membanjiri rumah dan lahan warga. 

 

"Kami sedang mendata dan menyiapkan semua kebutuhan masyarakat. Kami juga sudah menyuplai air bersih dan makanan untuk warga yang menjadi korban," ujarnya. 

 

Dia minta masyarakat tetap waspada akan perkembangan situasi dan potensi banjir susulan. Saat ini, hujan masih terus turun di hulu sungai-sungai yang melintas di Kabupaten Batubara. 


Reporter : Wahyudi

Editor     : Andrean

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama