Kodam I/BB - PWI Sumut Bersinergi Tegakkan Kemerdekaan Pers

MEDAN, suarapembaharuan.com - Kepala Penerangan (Kapen) Kodam I/BB Letkol Inf Donald Erickson Silitonga mengajak wartawan Sumut bersinergi untuk menegakkan perlindungan kemerdekaan Pers. Hal tersebut disampaikan Kapendam I/BB pada acara silaturahmi dengan pengurus PWI Sumut, di Restoran Golden Yen Jalan S Parman Medan, Rabu (18/8/2021) 

Pengurus PWI Sumut bersilaturahmi dengan Kapendam I/BB di sebuah restoran di Medan. (Foto: Istimewa)

Ketua PWI Sumut, Hermansjah menyampaikan apresiasi terhadap Kodam I/BB khususnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin dan Kapendam Letkol Inf Donald Erickson Silitonga. Silaturahmi tersebut sebagai sarana komunikasi dua arah untuk membangun tradisi kemitraan dan sinergitas antara Kodam I/BB dengan wartawan yang lebih baik dan solid ke depannya. 

 

"Kapendam mengapresiasi rencana itu dan akan membuat program itu dalam rencana kerja," kata Hermansjah.

 

Acara silaturahmi ini berlangsung akrab. Ketua PWI Sumut Hermansjah didampingi Sekretaris Edward Thahir, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal Rudi Surya, dan Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Wilfrid B Sinaga. Sedangkan Kapendam I/BB Letkol Inf Donald Erickson Silitonga didampingi Kepala Seksi (Kasi) Media Cetak Mayor Inf Masniar. 

 

Kedua belah pihak berdiskusi terkait Nota Kesepahaman antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Dewan Pers Nomor 01/DP/MoU/11/2017 tentang Dewan Pers Kerjasama Perlindungan Kemerdekaan Pers. 

 

Kapendam I/BB Letkol Inf Donald Erickson merespon sejumlah rencana kegiatan yang menyangkut turunan MoU terutama menyangkut pelatihan jurnalistik, teknik pembuatan hak jawab, sosialisasi UU Pers No 40 Tahun 1999, serta pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) terhadap wartawan yang bertugas di Pendam I/BB.

 

Dalam MoU itu disepakati bahwa kedua belah pihak bersepakat untuk memberi perlindungan kemerdekaan Pers, pencegahan kekerasan terhadap wartawan, pengakuan hukum dan diseminasi penyebarluasan informasi tentang TNI dan peraturan Dewan Pers.

 

Di akhir pertemuan, PWI Sumut juga memberi apresiasi kepada Pangdam I/BB yang telah berkontribusi besar sehingga kasus penembakan yang dilakukan oknum TNI terhadap seorang wartawan di Simalungun terungkap. Pelaku sedang menjalani proses hukum di Peradilan Militer.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama