9 Nelayan Asal Myanmar Melarikan Diri

BELAWAN, suarapembaharuan.com - Sebanyak 9 nelayan asing warga Myanmar kabur dari sel tahanan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Belawan, Sumatera Utara.


Ilustrasi

Menurut Ridwan (38), salah seorang nelayan Belawan menyebutkan, larinya nelayan asing itu dari tahanan Stasiun PSDKP Belawan diperkirakan, pada Minggu (12/9/2021) sekira pukul 04.00 WIB, dini hari.


"Aku lupa hari apa itu, melihat ada sembilan orang dengan kepala botak keluar dari halaman kantor PSDKP Belawan menuju ke arah TPI Gabion Belawan itu sekira pukul 4 pagi," kata Ridwan, Rabu (15/9/2021).


Lanjut Ridwan, belakangan dia mengetahui kalau 9 tahanan itu merupakan nelayan kapal asing berkewarganegaraan Myanmar yang bekerja di kapal ikan milik Malaysia.


Sehingga kata Ridwan, dengan larinya ke 9 nelayan itu menjadi pembicaraan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan. Karena lokasi tahanan dan kantor Stasiun PSDKP berada di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan.


"Kita juga heran bang, kok bisa ya nelayan asing itu kabur dari sel tahanan pada hal jerjak besinya sangat tinggi dan ada penjaganya, selain itu juga di depan kantornya ada security," ungkap Ridwan.


Sementara itu Pelaksana Koordinasi OPS Pengawasan dan PP, Josia Suarta Sembiring,SH,yang dikonfirmasi mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pencarian terhadap 9 tahanan asing tersebut.


"Kalau Abang mengetahui keberadaan mereka segera hubungi kami ya bang. Ciri-cirinya, semuanya kepalanya botak," kata Josia.


Daftar Tahanan Kabur:

1. Win Soe alias Aung Win (39) tekong KM SLFA 4598 GT 38,39.

2. Soe Hlaing (40) tekong KM PK 6911 F  GT 55,92.

3. Naing Naing (36) tekong KM SLFA 5124 GT 15,88.

4. Kyaw Mie Posts (26) ABK.

5. Yu Win alias More (29) ABK.

6. Hein Ye Htet alias Ye Ye (ABK).

7. Mau Aung (33) ABK.

8. Zaw Htwe (21) ABK.

9. Khin Hyun (32) ABK.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama