Atikoh Ganjar Terkesima Lihat Semangat Anak - anak Penderita Kanker

SEMARANG, suarapembaharuan.com – Berbicara di hadapan anak-anak penderita kanker, selalu membuat istri Gubernur Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo merinding. Betapa tidak, di tengah perjuangan melawan penyakitnya, anak-anak itu tetap menunjukkan keceriaannya.


Istimewa

Hal itu diungkapkan Atikoh, saat talkshow dalam rangka Bulan Kanker Anak sekaligus memperingati lima tahun Inspirasi Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Semarang, secara daring, Rabu (8/9/2021). Menurutnya, semangat luar biasa dari anak-anak tersebut harus menjadi contoh.


“Anak-anak yang sedang melawan kanker saja ceria. Masak kita ngluntruk. Seperti tulisan di kaos saya, kita kudu strong. Kita harus kuat agar bisa melayani, mendampingi mereka,” beber Atikoh.


Semangat para survivor, imbuhnya, juga menjadi inspirasi bagi semua orang. Ini saatnya untuk berbagi dengan sesama, berbagi dengan mereka yang kurang beruntung, termasuk melalui YKAKI. Terlebih, dengan perhatian yang diberikan pengelola YKAKI bagi anak penderita kanker, mulai dari asupan gizi, pendampingan, hingga mendatangkan pengajar untuk pendidikan anak-anak itu.


“Hak anak untuk bermain dan mendapatkan pendidikan terfasilitasi,” katanya.


Perasaan serupa juga dirasakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia mengapresiasi anak-anak yang selalu ceria, seperti yang terlihat saat pertemuan daring tersebut.


Ganjar pun menyempatkan menyapa satu per satu peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Anak-anak diminta unjuk kebolehan. Ada yang menyanyi, ada pula yang bermain gitar kecil. Senyum dan tawa terlihat sepanjang interaksi yang dilakukan Ganjar. Terlebih, saat Ganjar membagikan hadiah kepada anak-anak itu.


Dia meminta, semangat dan keceriaan mereka mesti ditiru, dengan tidak menampakkan kesedihan saat berada di dekat anak penderita kanker.


“Mesti tahu apa yang kita rasakan di hati kita. Hati saya juga tiba-tiba mengecil, saya bisa merasakan. Tapi, kawan-kawan tidak sendiri. Masih banyak orang yang peduli,” ujar Ganjar.


Dia pun siap membantu kegiatan yang diselenggarakan YKAKI. Termasuk, akan berpartisipasi dalam konser amal virtual yang digelar YKAKI Cabang Semarang, dengan menyumbangkan lagu, sekaligus mengajak orang berdonasi.


Kepala Cabang YKAKI Semarang Vita Mahaswari mengapresiasi perhatian Ganjar dan Atikoh. Diakui, keduanya selalu memberikan perhatian dan semangat bagi anak-anak penderita kanker. Dia berharap, masyarakat juga ikut peduli terhadap anak-anak tersebut.


Dikatakan, memperingati lima tahun YKAKI Cabang Semarang, pihaknya akan menyelenggarakan berbagai kegiatan amal. Antara lain, kado untuk anak YKAKI Semarang, dengan melibatkan para pelajar. Sehingga, mereka diharapkan memiliki kepedulian terhadap rekannya yang tengah menderita kanker.


Tak hanya itu, pihaknya juga akan menggelar konser amal virtual, dengan melibatkan musisi dan anak muda dari Semarang. Masyarakat yang akan menyaksikan hanya dikenai donasi Rp20.000.


“Info selanjutnya akan kami sampaikan melalui IG kami (@ykakisemarang). Kami berharap masyarakat bisa terinspirasi dengan perjuangan anak-anak kami,” tandasnya.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama