Kerjasama Secara Global Dibutuhkan Tangani Pandemi Covid-19

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan pentingnya kerjasama global untuk mengatasinya. Sebab, pandemi Covid-19 adalah permasalahan global yang tidak mengenal batas negara dan yurisdiksi. Semua negara mengkonfirmasi adanya infeksi virus Covid-19.


Istimewa

“Kita berhadapan dengan ketidakpastian virus yang bermutasi secara sangat rumit, begitu juga desain proses pemulihannya. Jadi jika kita berbicara tentang apakah kita perlu melakukannya bersama, saya pikir itu sangat jelas," ujar Menkeu, baru - baru ini.


Karena pandemi tidak memiliki yurisdiksi, memerangi pandemi tidak dapat dilakukan oleh masing-masing negara, tidak peduli seberapa kuat, seberapa banyak caranya, atau seberapa inovatifnya. Untuk itu diperlukan kerjasama.


Ketika membahas tentang pandemi, Menkeu menyebut syarat pertama yang diperlukan bagi setiap negara untuk menghadapinya adalah dengan memiliki sistem kesehatan nasional yang andal.  Menurut Menkeu ini bukanlah sesuatu yang mudah. 


Tantangan membangun sistem kesehatan nasional tidak hanya tentang penyediaan sumberdaya keuangannya saja, namun juga dipengaruhi oleh kualitas tenaga kesehatan yang baik dengan pemberian insentif yang tepat


Kemudian fasilitas kesehatan terutama layanan kesehatan dasar yang akan mampu menyediakan akses  untuk semua penduduk, dan tentunya kerjasama dengan industri farmasi, serta bagaimana menarik partisipasi swasta dalam pembiayaan pelayanan kesehatan.


“Yang kedua, karena kita berhadapan dengan permasalahan publik secara global, maka kolaborasi global itu sangat penting. Dalam hal ini peran lembaga multilateral, misalnya seperti WHO dan Worldbank menjadi sangat penting,” tambah Menkeu.


Lembaga multilateral tersebut memiliki pengetahuan dan program peningkatan kapasitas untuk memberikan bantuan teknis bagi banyak negara, terutama negara berkembang. Selanjutnya, keberadaan lembaga pembiayaan multilateral seperti Bank Dunia yang memiliki sumber pendanaan juga berperan dalam memberikan dukungan.


Menkeu menambahkan bahwa kolaborasi global tersebut juga berkenaan dengan bagaimana supaya sistem peringatan dini terhadap pandemi dapat dibentuk.  


Hal ini mungkin akan dihadapkan pada tantangan di berbagai level kepentingan, namun Menkeu mengingatkan bahwa jika sistem peringatan dini ini tidak berjalan dengan baik maka kerusakan atau bencana akibat pandemi akan menjadi lebih besar.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama