Iklan

Politik

Lapas Tangerang Terbakar, 41 Napi Tewas Karena Kamar Tahanan Terkunci

08/09/2021, September 08, 2021 WIB Last Updated 2021-09-08T07:33:45Z

TANGERANG, suarapembaharuan.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkum HAM) Banten, Agus Toyib memastikan 41 orang yang tewas dalam peristiwa kebakaran di Lapas Klas I Tangerang, merupakan tahanan.


Istimewa

"Saat terjadinya kebakaran para tahanan berada di dalam sel dengan kondisi terkunci. Seluruh ruangan tahanan lainnya juga demikian. Lokasi kejadian kebakaran di Blok C2. Penghuni kamar ada sebanyak 122 orang," ujar Agus Toyib, Rabu (8/9/2021).


Agus menyampaikan, korban tewas dalam musibah kebakaran ini karena kondisi ruangan tahanan yang terkunci. Saat kejadian kebakaran besar, ada yang tidak sempat dikeluarkan. Ini yang membuat banyak jumlah korban jiwa.


Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran mengatakan, jumlah korban yang tewas dalam peristiwa kebakaran di Lapas Klas I Tangerang, mencapai 41 orang.


"Yang meninggal dunia sebanyak 41 orang, 8 orang luka berat dan sedang dan 72 orang mengalami luka ringan. Korban luka dirawat di Poliklinik Lapas Tangerang," ujar Fadil Imran.


Fadil mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran yang banyak merenggut korban jiwa dari kalangan narapidana di Lapas Klas I Tangerang tersebut.


"Belum ada ditemukan unsur kesengajaan maupun bentuk lainnya. Dugaan sementara, penyebab kebakaran ini karena adanya korsleting arus pendek listrik. Ini masih laporan sementara," katanya.


Menurutnya, pihaknya masih menempatkan petugas untuk melakukan pengamanan di lapas pascakejadian kebakaran. Sampai saat ini, situasi keamanan masih aman dan terkendali.




Komentar

Tampilkan

Terkini