Mentan: Kerjasama Pusat dan Daerah Penting untuk Penuhi Pangan Rakyat

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Menteri Pertanian Mentan Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin, pihaknya terus menciptakan beragam kebijakan dan kerjasama agar pertanian tidak berhenti dan tetap bekerja memenuhi pangan rakyat. 


Mentan Syahrul Yasin Limpo (ist).

“Stimulus dan rencana aksi pun harus terus dilakukan agar sektor (pertanian) terus tumbuh positif hingga dapat menjadi penyelamat agar negara tidak terperangkap dalam resesi ekonomi berkepanjangan,” tuturnya, Senin (13/9/2021).


Berangkat dari arahan tersebut, lanjut Syahrul, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menetapkan pendekatan lima cara bertindak (CB) melalui peningkatan kapasitas produksi melalui mekanisasi, efisiensi dan pendekatan teknologi tepat guna, diversifikasi pangan lokal, penguatan cadangan dan sistem logistik pangan, dan Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks). 


“Demi mengoptimalkan strategi yang dijalankan, Kementerian Pertanian telah berkomitmen terus memperkuat kerja sama pusat dan daerah. Sinergi antara pusat dan daerah penting dilakukan agar tidak ada lagi ketimpangan pembangunan antarpusat dan daerah, atau daerah dengan daerah,” tegasnya. 


Sejalan dengan Wapres, Syahrul mengatakan bahwa pembangunan pertanian bisa berjalan secara baik dan efektif jika pemerintah pusat dan daerah bersinergi dalam mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, bergizi seimbang di seluruh tanah air. 


“Oleh karenanya amat penting bagi Kementerian Pertanian memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berpartisipasi secara aktif meningkatkan produksi beras dan ekspor pertanian,” tandas Mentan.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama