Gubernur Sumut Pastikan Target Herd Immunity Tercapai Akhir Tahun 2021

MEDAN, suarapembaharuan.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi optimis kekebalan kelompok (herd immunity) tercapai di Sumut pada akhir tahun 2021. Dengan begitu penyebaran Covid-19 di daerah ini bisa lebih cepat ditekan.


Edy Rahmayadi (Ist)

Hingga Oktober 2021, vaksinasi Covid-19 Sumut rata-rata 50% per Kabupaten/Kota. Salah satu kuncinya menurut Gubernur Edy Rahmayadi adalah kerja sama yang kuat antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Pusat, TNI, Polri, serta masyarakat.

 

“Ini berkat kerja keras kita semua, pemerintah dan masyarakat. Saya optimis Sumut mampu mencapai herd immunity di akhir tahun sesuai dengan target yang diberikan Presiden RI,” kata Edy Rahmayadi usai acara puncak Peringatan 31 Tahun Pengabdian Arbituren AKABRI ‘90 di Stadion Mini USU, Jalan Dokter Mansyur, Medan, Selasa (26/10/2021).

 

Acara tersebut juga diisi dengan kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal dengan target 126 ribu orang. Vaksinasi ini dilakukan di 135 titik vaksinasi massal untuk umum, 61 titik vaksinasi khusus pelajar dan 90 titik door to door selama lima hari dengan sasaran lansia, pelajar, difabel dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

 

“Saya sangat berterima kasih kepada TNI dan Polri yang terus bekerja keras khususnya angkatan 90 untuk menekan laju penyebaran Covid-19, kegiatan ini tentu sangat membantu kita melawan Covid-19. Bila semangat sinergitas ini terus kita jaga saya sangat optimis kita cepat pulih dari pandemi,” tegas Edy Rahmayadi.

 

Walau begitu Edy Rahmayadi tetap mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin menjaga protokol kesehatan agar peningkatan kasus Covid-19 di Sumut tidak terulang kembali. “Agustus per hari kasus kita sampai di angka 2000-an, sekarang 31 orang, jauh rentangnya. Jangan sampai terulang lagi peningkatan kasus dua bulan lalu, berat menghadapinya,” terang Edy Rahmayadi, usai acara yang dilakukan se-Indonesia secara virtual tersebut.

 

Panglima TNI Hadi Tjahjanto memberikan apresiasi kepada Provinsi Sumut karena telah mencapai target vaksinasi di bulan Oktober. Dia berharap agar target 70% masyarakat sudah divaksin bulan Desember bisa tercapai.

 

“Saya sangat apresiasi kinerja rekan-rekan di Sumut, ini menunjukkan sinergitas yang kuat. Mudah-mudahan Desember target kita 70% tercapai. Dan tentunya vaksinasi kita juga menyasar daerah-daerah yang saat ini tingkat vaksinasinya masih rendah,” kata Panglima TNI.

 

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo melalui teleconference dari Mabes Polri mengingatkan agar waspada pada libur Natal dan Tahun baru. Menurut keterangannya, sampai saat ini masih ada 105 Kabupaten/Kota yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia.

 

“Beberapa negara masih meningkat angkanya, Inggris, beberapa negara tetangga kita. Kita sangat bersyukur masih bisa mengendalikannya, PON yang awalnya kita prediksikan bisa membuat peningkatan bisa kita kendalikan. Jangan sampai gelombang ketiga terjadi di Indonesia,” tegas Kapolri.

 

Acara Peringatan 31 Tahun Pengabdian Arbituren AKABRI ‘90 di Stadion Mini USU dihadiri langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, Staf Ahli Sosial Politik Kapolri Irjen Pol Tomsi Tohir Balaw dan Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Forkopimda Sumut. Hadir juga secara virtual Kapolres dan Dandim serta OPD terkait se-Sumut.


Kategori : News

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama