Sandiaga Uno: Keunggulan Sport Tourism Bisa Harumkan Desa Wisata Karanganyar

KARANGANYAR, suarapembaharuan.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengakui sepak takraw sebagai salah satu sport tourism (wisata olahraga) Desa Wisata Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bisa mengharumkan desa sekaligus membangkitkan perekonomian guna mensejahterakan masyarakatnya.


Ist

Oleh karena itu Sandiaga pun mau bermain sepak takraw saat berkunjung ke Desa Wisata Karanganyar. Ia yang datang dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) secara dadakan dicegat oleh guru olahraga anak-anak atlet sepak takraw dari desa wisata Karanganyar, untuk melihat enam atlet cilik tersebut yang sedang melakukan juggling. 


Mas Menteri sendiri mengaku ia baru pertama kali main sepak takraw dan merasa excited. Selama berinteraksi Sandi menantang atlet cilik tersebut untuk 10 kali juggling tanpa jatuh akan mendapatkan hadiah, tapi ternyata tidak ada yang mampu karena mereka keliatannya grogi ketika disaksikan langsung oleh Mas Menteri. 


Sandi menjelaskan bahwa atlet sepak takraw dari desa wisata ini sudah mendapatkan juara 3 tingkat Magelang dan mendapatkan emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ini, tentu suatu prestasi yang nama harum desa wisata Karanganyar dan Kabupaten Magelang.


Ist

Melihat atlet-atlet cilik yang berprestasi tersebut Sandi secara spontan langsung memberikan bantuan sepatu futsal yang di beli melalui online karena ada permintaan.


Sandi berharap bantuan ini dapat memberikan motivasi untuk berlatih lebih semangat dan giat agar dapat menjadi atlet yang dapat menggantikan kakak-kakaknya yang sudah mendapatkan medali emas.


“Kita harapkan industri olahraga karena nanti kunjungan wisatawan ke desa wisata selanjutnya, salah satu aktivitas yang disuguhkan adalah sport tourism yaitu sepak takraw untuk di desa wisata ini, yang membuka lapangan pekerjaan baru,” dalam keterangannya Jumat (15/10/2021).


Ist

Sandi menambahkan bahwa dengan prestasi unggul di bidang olahraga yang dimiliki suatu desa wisata, tentu serta merta akan mengangkat dan mengharumkan nama desanya. 


Dengan terangkat potensi desa wisata maka bangkitlah perekonomian masyarakat menuju kesejahteraan.


Untuk menikmati suasana pedesaan, Sandi pun menginap semalam di balkondes homestay Karanganyar. 


“Saya sangat menyarankan wisatawan terutama yang dari perkotaan untuk menginap di balkondes homestay atau homestay yang ada di rumah-rumah warga karena pengalamannya berbeda. Bagaimana kita merasakan suasana desa, bagaimana kita juga merasakan udara yang segar, boleh dibilang kita merasakan sensasi kita bersama-sama ikut dengan aktivitas rutin yang dilakukan oleh masyarakat di pedesaan," pungkas Sandi.


Kategori : News

Editor     : Arnold Sianturi



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama