BMKG Catat 31 Kali Gempa Guncang Aceh dan Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan melaporkan gempa terjadi sebanyak 31 kali untuk kawasan Sumut dan Aceh.


Ilustrasi

Peneliti PGR I BBMKG Wilayah I Medan, Marzuki Sinambela mengatakan, gempa bumi tersebut terjadi pada pekan ketiga bulan November 2021. 


"Gempa berpusat di kawasan Megaythrust dan pada segmen besar Sumatera. Kita minta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan," ujar Marzuki, Senin (29/11/2021).


Marzuki menyampaikan, gempa yang terjadi di Aceh dan Sumut meliputi 18 kejadian berpusat di laut dan 13 berpusat di daratan. 


"Untuk kedalaman gempa dangkal di bawah 60 Km yang terjadi sebanyak 26 kejadian, dan menengah dengan medalaman antara 60 km sampai dengan 300 km, sebanyak 5 kejadian," katanya.


Disebutkan, magnitudo gempa sangat bervariasi, yakni 29 dengan magnitudo dibawah 4.0, dan dua gempa terjadi Magnitudo antara 4.0 sampai dengan 5.0.


"Dari hasil catatan, dari 31 gempa yang terjadi di Sumut dan Aceh, hanya satu gempa yang signifikan dan dirasakan oleh masyarakat yakni yang terjadi di Karo," pungkasnya.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama