Bupati Pesawaran Lampung Kunjungi Ganjar Pranowo

SEMARANG, suarapembaharuan.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan dari Dendi Ramadhona, Bupati Pesawaran Provinsi Lampung, di Rumah Dinas Puri Gedeh. 


Ist

Dalam kesempatan itu keduanya saling bertukar pikiran mengenai pola pembangunan dan kebijakan di daerah masing-masing.


Dendi Ramadhona mengatakan Kabupaten Pesawaran dan Jawa Tengah memiliki ikatan historis karena dari provinsi inilah leluhur mereka berasal. 


Wilayah yang baru terbentuk menjadi kabupaten pada tahun 2007 ini terlahir karena kehadiran transmigran dari Jawa Tengah ke tempat itu. Mereka berasal dari Bagelen, Karanganyar, Kutoarjo dan beberapa daerah lain di Jateng. 


"Saya dari Kabupaten Pesawaran silaturahim ke beliau, karena daerah saya itu cikal bakalnya juga dari Jawa Tengah, ada dari Bagelen Karanganyar, dan Kutoarjo. Saya bertukar pikiran dengan Bapak Gubernur yang luar biasa," kata Dendi saat usai bertemu Ganjar. 


Pernyataan Dendi tersebut juga diperkuat dengan buku arsip sejarah "Penelusuran Sejarah Kolonisasi Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Afdeeling Telok Betong (1905-1930)". Dalam buku itu disebutkan wilayah Pesawaran merupakan lokasi transmigrasi pertama yang dipilih pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1905. 


Proyek itu juga disebut kolonisasi  masyarakat Kedu di Pulau Jawa ke daerah Gedong Tataan, Telok Betong, Lampung. Hingga tahun 1913 total terdapat 6.000 jiwa dari Kedu dipindahkan ke Gedong Tataan. 


Ikatan historis itu yang membuat Bupati Pesawaran ingin mengenal lebih jauh budaya leluhur mereka, terutama tentang ilmu dan kebijakan pemerintahan Jawa Tengah langsung gubernurnya. 


"Kami minta masukan agar bisa kami aplikasikan di Kabupaten Pesawaran kami tercinta. Hampir satu jam kami berbincang, keluar semua ilmunya dan insyaallah akan kami aplikasikan segala wejangan (saran) dan juga program beliau yang berhasil di Jawa Tengah untuk dibuat di Kabupaten Pesawaran," katanya. 


Pada akhir pertemuan, Ganjar Pranowo dan Bupati Pasawaran saling bertukar cinderamata. Ganjar Pranowo menerima peci tapis sulam jelujur khas Lampung. 


Peci tersebut diproduksi di Desa Sungai Langka, Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Sementara Dendi Ramadhona menerima cinderamata berupa kain lurik Klaten dan beberapa produk UMKM dari Jawa Tengah. 


Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menitipkan salam kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran melalui video singkat yang direkam sendiri oleh Bupati Pesawaran.


Kategori : News

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama