Kreatif Lestarikan Kesenian Tradisional, Sandiaga Bantu Alat Pertukangan di Humbahas

HUMBAHAS, suarapembaharuan.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno terharu begitu mendengar perjuangan Sanggar Delloid yang ada di Desa Wisata Tipang terletak di kecamatan Bukitraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara.


Ist

Perjuangan Sanggar Delloid tersebut merupakan upaya untuk melestarikan kesenian alat musik tradisional sehingga tetap dicintai dan dilestarikan. 


Dia menegaskan, saat ini sudah sangat sulit mencari masyarakat yang mau melestarikan budaya asli bangsa ini. Sehingga dia mengaku bangga dengan sanggar Dlloid yang masih melestarikan alat music khas Batak hingga saat ini. 


“Ini adalah salah satu upaya dalam mengangakat budaya dan music memang menjadi khas suatu daerah,” katanya. 


Ist

Dia menegaskan, dirinya memang mencari tahu apa tantangan yang dimiliki desa dalam mengembangkan paket wisata dan pembukaan lapangan pekerjaan. Hingga akhirnya dia mendapatkan informasi kalau desa sangat membutuhkan alat-alat pertukangan. 


Alat seperti bor listrik, alat ampelas, ketam listrik, alat pemotong kayu, dan lainnya. Maka dari itu Mas Menteri ingin memberikan dukungan berupa alat-alat tersebut.


Mas Menteri juga berharap dengan bertambahnya alat-alat ini, Sanggar Delloid, para pengurus pokdarwis, serta anak-anak muda di Desa Wisata Tipang semakin bersemangat melestarikan alat musik tradisional batak, dan memperkenalkannya, tidak hanya ke seluruh Indonesia tetapi juga kepada dunia. 


“Kita harapkan ini juga bisa membuka lapangan perkerjaan sehingga bisa bangkitkan ekonomi masyaraat dan desa,” tukasnya.


Kategori : News

Editor     : Arnold Sianturi



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama