Pekan Ketiga November, 41 Kali Gempa Guncang Sumut dan Aceh

MEDAN, suarapembaharuan.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi sebanyak 41 kaki selama pekan ketiga di Sumut dan Aceh.


Ilustrasi

Staf analisa PGR I BBMKG Wilayah 1 Medan, Chichi Nurhafizah mengatakan, kedalaman gempa yang terjadi diperkirakan mencapai 60 kilometer (Km) hingga 300 km.


"Untuk kedalaman gempa yang disebutkan itu terjadi sebanyak 3 kali. Untuk pusat gempa terjadi 24 kali di laut dan 17 kali di darat," ujar Chichi Nurhafizah, Minggu (21/11/2021).


Peneliti BBMKG Wilayah 1 Medan, Marzuki Sinambela menyebutkqn, jumlah gempa pada pekan ketiga November sama dengan kejadian pada pekan kedua November.


"Untukbmagnitudo, sebanyak 38 kejadian gempa di bawah 4.0, 2 kejadian dengan magnitudo antara 4.0 sampai dengan 5.0 dan satu kejadian gempa dengan magnitude di atas 5.0," ungkapnya.


Menurutnya, aktivitas kegempaan dominan bersumber dari aktivitas zona megathrust dan sebagian lagi di wilayah zona outerise dan patahan lokal Sumatera. 


Ada dua gempa yang signifikan dan dirasakan di wilayah Aceh dan Tapanuli Selatan. Oleh karena itu, masyarakat diminta tetap mewaspadai potensi gempa susulan.


Kategori : News

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama