Banjir di Kabupaten Madina Meluas, Warga Diminta Waspada

MADINA, suarapembaharuan.com - Akibat Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut) menyebabkan musibah banjir dan longsor di beberapa kecamatan.


Ist

Hujan yang mengguyur sejak Jum'at 18 mengakibatkan 15 dari 23 Kecamatan yang ada di Madina mengalami musibah banjir dan tanah longsor.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, di Kecamatan Panyabungan banjir terjadi di Kelurahan Panyabungan III, Kampus Stain, Desa Adianjior, Desa Aek Galoga, dan Desa Pagaran Tonga. 


Kecamatan Panyabungan Barat, banjir terjadi di Kelurahan Longat, dan Desa Batanggadis Jae. Kecamatan Panyabungan Selatan, terjadi longsor di lokasi Rumah Makan Aek Saroga III.


Kecamatan Panyabungan Timur, longsor dan banjir terjadi di Desa Tebing Tinggi, Banjir di Desa Gunung Baringin dan Longsor di Desa Tanjung Julu. 


Panyabungan Utara banjir terjadi di Desa Baringin Jaya, Kampung Baru, yang mengakibatkan  lahan pertanian gagal panen.


Kecamatan Hutabargot, banjir terjadi di Desa Hutabargot Nauli, Kumpulan Setia, dan Desa Huta Julu. 


Kecamatan Naga Juang, banjir terjadi di Desa Tarutung Panjang, Tambiski, dengan akses jalan terancam. 


Kecamatan Batang Natal, terjadi Longsor Desa Ranto Sore, dan Desa Muara Soma. Kecamatan Ranto Baek, terjadi banjir di Desa Sampuran, Huta Nauli, Muara Bangko, dan Ranto Panjang, sementara longsor terjadi di Desa Dua Sepakat, dan jalan terancam putus total. 


Kecamatan Sinunukan, banjir terjadi di Desa Bintungan Bejangkar, dan Banjar Aur. Kecamatan Natal banjir terjadi di Desa Patiluban Mudik, Sikara-Kara IV, Bonda Kase, Patiluban Hilir, Balimbing, dan Desa Kampung Sawah.


Kecamatan Lingga Bayu banjir terjadi di Desa Kampung Baru, Simpang Gambir Pasar, Lancat, Tapus, Perbatasan, Aek Garingging, Sikumbu, Lobung (jalan terancam putus) dan Desa Rantobi. 


Kecamatan Siabu banjir terjadi di tiga Desa yakni, Muara Batang Angkola, Tanjunga Sialang, dan Huta Godang Muda. 


Kecamatan Muara Batang Gadis banjir terjadi di Desa Singkuang. Kecamatan Batahan banjir terjadi di Desa Batu Sondat, Kampung Kapas, Banjar Aur, Bintungan Bejangkar, dan Kelurahan Pasar Batahan. 


Dari musibah banjir ini di Desa Patiluban Mudik ada ± 250 rumah terendam banjir, Sikara-Kara ± 400 rumah, Bonda Kase ± 250 rumah, Balimbing ± 200, Kampung Sawah ± 350 rumah Patiluban Hilir ± 220 dan Desa Kampung baru ± 150 rumah terendan banjir. 


Sementara kerusakan rumah terjadi di desa Dua sepakat, Kecamatan Panyabungan timur, dan Desa Tanjung Julu, masing masing dilaporkan satu rumah rusak berat.


Untuk infrastruktur Desa Tarutung Panjang, Kecamatan Naga Juang, Jembatan Putus, di Desa Aek Garingging, Kecamatan Lingga Bayu, Jembatan Gantung Hanyut. 


Sementara untuk korban jiwa dalam musibah ini dilaporkan tidak ada, hingaa saat ini wilayah Madina masih diguyur hujan. 


Kaban BPBD Madina Subuki S.T menyebutkan pihaknya terus berupaya melakukan kordinasi dengan seluruh stakholder dan terus melakukan monitoring kondisi kecamatan, serta melakukan evaluasi warga ketempat yang lebih aman.


Selain itu BPBD juga terus berkoordinasi dengan BPBD Sumut dan BNPB serta mendirikan pos pelayanan kesehatan dan menghimbau masyarakat agar tetap waspada.


Kategori  : News

Reporter : Asrul

Editor      : AHS



Lebih baru Lebih lama