Edy Rahmayadi Dorong Kemajuan Wisata Kesehatan di Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan orthopedic centre dan chemotherapy centre di Rumah Sakit Columbia Asia Medan, Jalan Listrik Nomor 2.A Medan. 


Ist

Dengan adanya dua fasilitas kesehatan (Faskes) ini, diharapkan wisata kesehatan Sumut bisa meningkat.

 

Wisata kesehatan salah satu sektor yang dipacu pemerintah pusat saat ini dan Sumut salah satu daerah yang memiliki potensi tersebut. Karena itu, peningkatan faskes dan pelayanannya merupakan hal penting untuk menunjang program tersebut.

 

“Kita punya potensi karena beberapa tahun sebelumnya orang yang belajar kedokteran ke sini (Medan). Kalau kita punya fasilitas dan SDM yang lebih baik seharusnya wisata kesehatan kita bisa semakin baik,” kata Edy Rahmayadi, Senin (13/12/2021).


Bukan hanya soal wisata kesehatan, dengan semakin baiknya Faskes di Sumut diharapkan masyarakat tidak ke luar negeri untuk berobat. Selain itu, Edy juga meminta agar ada program yang meringankan biaya kesehatan pada fasilitas ini bagi masyarakat yang membutuhkan namun kurang mampu.

 

“Kalau fasilitas dan pelayanan kita semakin baik, masyarakat kita juga tidak perlu berobat ke luar negeri. Tetapi, saya harap juga dengan koordinasi kita masyarakat yang benar-benar membutuhkan fasilitas ini dan dia kurang mampu bisa kita bantu,” kata Edy, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis.

 

Sementara itu, Direktur RS Columbia Asia Medan Sutomo Kasiman menjelaskan kedua Faskes ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Menurutnya, ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat dan mampu menarik wisatawan kesehatan dari negara-negara tetangga.

 

“Kedua fasilitas ini merupakan fasilitas yang terpadu dan cukup lengkap. Dengan adanya kedua fasilitas ini kita harapkan medical tourism di Sumut semakin meningkat karena fasilitas kita sekarang tidak kalah dengan yang ada di luar negeri,” kata Sutomo.

 

Selain fasilitas, Sutomo juga menjelaskan dokter spesialis di RS Columbia akan semakin mudah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Tentu ini akan menambah dan meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat,” kata Sutomo.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama