Ganjar Ingatkan Pengunjung Pantai Tidak Buang Sampah Sembarangan

SEMARANG, suarapembaharuan.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan masyarakat untuk menjaga kelestarian pantai. Pengunjung diharapkan tidak membuang sampah sembarangan.


Ist

Ganjar menyampaikab hal itu seusai melakukan kegiatan penanaman pohon di bibir Pantai Tirang, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jumat (10/12/2021). 


Sembari gowes, Ganjar mampir dan langsung menengok kondisi pantai di ujung barat Kota Lumpia itu.


“Wah ini sambil bersih-bersih sampah ya,” ucap Ganjar menyapa sejumlah relawan, setibanya di kawasan Pantai Tirang.


Ganjar mengacungi jempol dan mengapresiasi inisiatif yang dilakukan tersebut. Tanpa berlama-lama, Ganjar langsung menuju ke titik tempatnya menanam pohon.


“Ini bibitnya ya, cemara laut. Saya titip nggih, ditanam tapi dirawat. Kalau ditanam tapi nggak dijaga ya eman,” kata Ganjar, saat menyerahkan simbolis bibit cemara laut ke pengelola Pantai Tirang, Dio Hermansyah Bakri.


Acara tersebut diikuti berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari Pramuka, Perum Perhutani hingga pelaku usaha. Sambil menanam, Ganjar kembali menegaskan agar warga setempat terus merawat dan menjaga pantainya.


“Pokoknya selama musim hujan ini kita tanam terus dan hari ini ada banyak yang ikut terlibat dari Pramuka, mahasiswa dan kehutanan juga ikut. Banyak yang terlibat di sini dan yang kita senang tidak hanya tanam tapi mereka juga membersihkan sampah,” ucap Ganjar seusai penanaman.


Ganjar berharap, kegiatan penanaman pohon di bibir Pantai Tirang ini selain menambah rimbun kawasan pantai juga mencegah terjadinya abrasi. Dia menegaskan, menjaga pantai tidak soal pencegahan abrasi saja tetapi juga kebersihan pantai dari sampah.


“Kalau ini bisa kita pelihara mudah-mudahan pantainya menjadi bagus. Maka yang ada di pantai ini atau mereka yang piknik harapan kita semua menjaga kebersihan, sampahnya taruh di tempatnya. Sedikit mungkin gunakan plastik ya,” tandasnya.


Kepala Dinas LHK, Widi Hartanto menambahkan total bibit tanaman di tanam pada acara tersebut. Jenisnya beragam mulai cemara laut, ketapang hingga mangrove. Keberadaan pohon, kata Widi, diharap mencegah pantai dari abrasi.


“Kegiatan penanaman ini yang ditekankan lebih ke penjagaan lingkungan pantai, terutama edukasi warga agar menjaga kebersihan pantai dari sampah,” tandasnya.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama