Terkait Sosialisasi Perda Prokes, LKKP Keadilan Apresiasi Fraksi PDIP DPRD Sumut

MEDAN, suarapembaharuan.com - Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, Soetarto diapresiasi Lembaga Kajian Kebijakan Publik (LKKP) Keadilan.


Achmad Riza Siregar (Ist)

Apresiasi tersebut disampaikan Sekjen LKKP Keadilan, Achmad Riza Siregar melalui keteranga tertulisnya yang diterima, Senin (20/12/2021).


"Sosialisasi Perda No.1 Tahun  2021 tentang penegakan disiplin penegakan hukum Protokol Kesehatan (Prokes) dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Sumut ini perdana dilakukan DPRD kepada kalangan masyarakat jurnalis di Kota Medan. Karena itu, ini patut diapresiasi," ujar Achmad Riza Siregar.


Lebih lanjut dijelaskan Riza, harapannya ke depan, sosialisasi perda kepada kalangan masyarakat jurnalis di Kota Medan semakin ditingkatkan lagi.


"Ini langkah spektakuler yang dilakukan oleh Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut, Soetarto. Langkah ini perlu ditiru atau ditindaklanjuti oleh 99 anggota DPRD Sumut lainnya," jelas Riza.


Sebab, tegas Riza, jurnalis sebagai pilar keempat dalam demokrasi memiliki peran penting dalam menginformasikan kebijakan-kebijakan yang ditelurkan legislator maupun pemerintah.


"Apapun gebrakan. Apapun prestasi anggota dewan, kalo tidak diberitakan oleh jurnalis tidak akan diketahui oleh masyarakat luas. Karena itu, sekali lagi kita berharap anggota dewan itu jangan risih dengan wartawan. Apalagi saat ini era keterbukaan informasi publik," tegasnya.


Karena itu, kata Riza, ia berharap anggota dewan harus secara rutin melaksanakan sosialisasi Perda ini kepada kalangan jurnalis.


"Kita meminta DPRD Sumut rutin melaksanakan sosialisasi Perda kepada masyarakat Jurnalis. Minimal dua kali dalam sebulan," pungkasnya.


Sebelumnya, Anggota DPRD Sumut dari Fraksi PDI Pejuangan, Soetarto menyebutkan jurnalis adalah garda terdepan dalam memberikan informasi ke masyarakat tentang perda dan kebijakan-kebijakan yang ditelurkan oleh Legislatif.


Hal itu disampaikan Sekjen Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Sumut terkait sosialisasi perda di tengah masyarakat.


Pada kesempatan itu, Soetarto juga meminta masukan kepada para jurnalis yang hadir untuk bekerjasama dan bersinergi membangun Provinsi Sumut.


"Intinya, kita senantiasa terbuka dan siap menerima krirtikan dan masukan dari berbagai pihak, terlebih para jurnalis," katanya.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama