Wagub Musa Rajekshah Dorong Atlet Taekwondo Raih Prestasi Tingkat Nasional

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap Kejuaraan Taekwondo Tingkat Provinsi Sumut dapat membina dan menjaring para atlet terbaik untuk mewakili Sumut dalam ajang PON XXI 2024 yang akan diselenggarakan di Sumut dan Aceh.


Ist

"Kejuaraan ini tujuannya juga untuk membina para atlet dan menjaring atlet-atlet yang berprestasi sebagai persiapan atau agenda besar kita menyambut PON yang akan datang yaitu PON ke XXI, dan yang akan menjadi tuan rumah yaitu Provinsi Sumatera Utara juga Provinsi Aceh," ujar Wagubsu saat membuka Kejuaraan Taekwondo Sumut di GOR Mini Disporasu, Jalan Williem Iskandar, Medan, Senin (27/12/2021).


 

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah berharap seluruh dojang taekwondo dan pengurus di Kabupaten/Kota di Sumut agar membina para atletnya untuk terus meraih prestasi. "Untuk meraih prestasi pastinya tidak bisa dalam waktu singkat, apalagi untuk kejuaraan nasional di tahun 2024 nanti, mulai sekarang kita mau inventaris bibit-bibit atlet taekwondo," ujar Ijeck, yang juga menjabat sebagai Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Sumut.

 

Bukan hanya berlatih, Ijeck juga berharap, seluruh atlet bisa terus ambil bagian dalam kejuaraan-kejuaraan di daerah, nasional dan lainnya. Dalam mengikuti pertandingan, Ia juga meminta para atlet dan wasit untuk sportif. 


"Dalam setiap pertandingan junjung tinggi sportivitas,  bagi wasit dalam melaksanakan tugas dan mengawasi pertandingan harus benar-benar melihat atau tidak ada keberpihakan ke mana pun," ujarnya.

 

Ijeck mengaku bersyukur kejuaraan tingkat daerah ini dapat terlaksana meski di akhir tahun. Ke depan Sumut diharapkannya bisa menjadi provinsi yang menjadi gudang bibit-bibit atlet berprestasi, khususnya untuk cabang olahraga Taekwondo.

 

"Bersyukur kejuaraan taekwondo akhirnya dapat terlaksana meski di penghujung tahun tapi ini menjadi koreksi juga agar jangan melewati Natal, kalaupun kita melaksanakan di Desember karena saudara-saudara kita yang merayakan hari Natal pasti akan terganggu jadwal latihannya," tutupnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Ardan Noor yang juga menjadi Ketua Panitia menyampaikan kejuaraan yang diadakan dari tanggal 26 sampai 29 Desember ini diikuti 197 atlet dari 17 kabupaten/kota se-Sumut.

 

"Kejuaraan ini dimaksudkan pertama untuk pembinaan atlet taekwondo dan mencari bibit unggul sebagai persiapan pembinaan atlet berprestasi dalam rangka PON XXI 2024. Kedua agar Kabupaten/Kota se Sumatera Utara untuk semakin giat membina cabang olahraga taekwondo berdasarkan kelompok umur dan ketiga untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antar atlet dan para official dan terakhir persiapan menjadi tuan rumah PON agar kita bisa menghasilkan perolehan medali sebanyak-banyaknya," tutupnya.

 

Hadir dalam acara pembukaan Pimpinan Komisi E DPRD Sumut Meriahta Sitepu, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, dan Unsur Forkopimda Sumut.


Kategori : News

Editor     : AHS



Lebih baru Lebih lama