Kesetaraan Gender, Tim Perempuan Bakal Bertarung di UniPin Ladies Series Season 2

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus tim-tim perempuan, UniPin Ladies Series, kembali digelar untuk kedua kalinya menggunakan official gaming gear dari Fantech. Tim-tim esports perempuan terbaik dari seluruh Indonesia akan kembali bertarung memperebutkan gelar juara pada turnamen yang akan berlangsung dari 10 Januari hingga 20 Maret 2022 mendatang.


Ist

Sejak pandemi Covid-19, sebanyak 46% populasi Indonesia beralih menjadi mobile gamers untuk pertama kalinya. Selain sebagai kelanjutan dari season perdana, UniPin Ladies Series Season 2 diselenggarakan sebagai ajang untuk mengakomodasi makin tingginya animo para gamers perempuan dalam memacu prestasinya.


Menurut survei yang dilakukan Inmobi, jumlah gamer pria dan perempuan saat ini hampir sama besar. Ini menandakan bahwa gamer perempuan saat ini juga memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam kemajuan industri esports nasional. Hal ini terbukti dengan season pertama UniPin Ladies Series yang berhasil menjadi turnamen esports khusus perempuan terpopuler kedua di seluruh dunia. Total penonton turnamen ini mencapai lebih dari 10,5 juta views di YouTube.


Debora Imanuella sebagai SVP UniPin Community menjelaskan pentingnya UniPin Ladies Series sebagai ajang gamer perempuan untuk mengasah skill dan unjuk gigi. Asia Tenggara merupakan rumah bagi 250 juta mobile gamers, dengan market terbesarnya yaitu di Indonesia yang memiliki jumlah pemain perempuan yang hampir setara dengan pria.


"Namun, kebanyakan dari player tersebut baru bermain mobile games saja tanpa pernah berkompetisi secara profesional. Oleh karena itu, turnamen khusus perempuan sangat penting untuk diadakan supaya para perempuan menjadi familiar dengan skema kompetisi, sehingga mereka siap bersaing dan berprestasi, serta menjadi kebanggaan bagi Indonesia di level internasional nantinya," kata Debora dalam konferensi pers secara daring, Kamis (6/1/2022). 


Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) selaku organisasi yang mewadahi semua kegiatan esports di Indonesia juga menyampaikan harapan dan dukungannnya kepada salah satu turnamen ladies terpopuler di Indonesia ini. 


“PBESI mendukung penuh penyelenggaraan UniPin Ladies Series ini. Turnamen ini kami harapkan dapat menjadi motor penggerak yang akan menumbuhkan kesetaraan gender dalam industri esports saat ini, serta mengasah bakat dan kepercayaan diri para atlet esports perempuan yang berpartisipasi di dalamnya,” ujar Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PB ESI, Ashadi Ang. 


Diakui animo masyarakat khususnya pemain perempuan terhadap esports diperkirakan akan makin meningkat di tahun 2022 ini dan mendorong para pelaku industri untuk menguatkan komitmennya menyelenggarakan turnamen-turnamen guna memberikan panggung bagi mereka.


Oleh karena itu UniPin bekerja sama dengan Virgo menyelenggarakan UniPin Ladies Series Season 2. Turnamen ini diharapkan akan kembali memuaskan dahaga para penonton esports Indonesia akan hiburan berkualitas lewat kompetisi esports khusus perempuan.


Turnamen UniPin Ladies Series Season 2 akan dibuka dengan babak open qualifie. Seluruh tim akan bermain dalam sistem single elimination dan empat tim terbaik yang lolos akan bermain di babak play-ins. 


Di babak play-ins, empat tim dari babak qualifier akan bertemu dengan empat tim dari USW Ladies, komunitas tim esports berbagai kampus yang tergabung dalam UniPin Community. Kedelapan tim akan bermain pada group stage dengan sistem single elimination. Dua tim terbaik akan melanjutkan perjalanan mereka ke regular season.


Pada regular season, dua tim dari babak play-ins akan dipertemukan dengan empat tim terbaik dari season sebelumnya, yaitu Belletron Era, EVOS Lynx, MBR Delphyne, dan RRQ Mika. Mereka juga akan ditemani oleh dua tim Alter Ego Nyx dan GPX Basreng yang diundang untuk menggantikan posisi Morph dan Luna Nera. Setelah melalui enam minggu pertandingan, enam tim terbaik nantinya akan maju ke babak playoff.


Akhirnya, di babak playoff, enam tim dari regular season akan bermain dalam sistem double elimination untuk memperebutkan gelar juara. Game yang dipertandingkan adalah Mobile Legends: Bang Bang dari Moonton, sementara total hadiah yang bisa dibawa pulang adalah prizepool senilai Rp150.000.000 dan 5 set Fantech Mint Edition.


Selain turnamen MLBB, UniPin Ladies Series Season 2 juga akan dimeriahkan dengan Community Cosplay Competition dan Unity Caster Hunt yang akan menghadirkan @kameaam, @mochalatteid, @liusandre.s, @velajave dan beragam tokoh esports Tanah Air ternama lainnya, sebagai juri atas kedua kompetisi ini. 


"Kami sangat bersyukur dengan adanya turnamen-turnamen seperti UniPin Ladies Series ini yang akan mendukung pertumbuhan ekosistem esports di Indonesia, sehingga turnamen ladies akan semakin ramai. Moonton akan terus mendukung kegiatan-kegiatan serupa dan berharap scene ladies di Indonesia akan terus berkembang,” tutup Head of PR dari Moonton Games, Azwin Nugraha.


Kategori : News

Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama